PWI Jabar Apresiasi Upaya Peningkatan Kualitas Awak Media Oleh Pemkab Purwakarta

Min.co.id-Purwakarta-Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Barat mengapresiasi pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta yang peduli terhadap proses peningkatan mutu dan kompetensi wartawan.

Ketua PWI Jawa Barat Hilman Hidayat mengatakan, pihaknya mengapresiasi dan berterima kasih kepada Pemkab Purwakarta yang sudah peduli terhadap eskistensi insan pers.

“Khususnya Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Purwakarta yang mau mencerdaskan dan mengupgrade pengetahuan – pengetahuan wartawan,” ujar Hilman usai menghadiri Media Gathering Diskominfo Purwakarta di Cikao Park, Kamis (5/3/2020).

Secara kelembagaan PWI Jawa Barat sudah berkomunikasi dengan pihak pemerintahan di Jawa Barat khususnya pemprov. “Yang kita butuhkan saat ini adalah proses mencerdaskan para wartawan,” kata Hilman.

Karena ketika wartawannya cerdas, informasi berita yang disebarluaskan itu akan berkualitas. Tetapi ketika wartawannya tidak berkualitas, informasi yang didapat oleh publik akan memburuk.

“Jangan sampai karena inputnya tidak berkualitas, menyebabkan input yang buruk,” ujar Hilman.

Mencerdaskan wartawan, bagi Hilman, merupakan tugas bersama. Dari puluhan ribu wartawan yang ada, berdasarkan data Dewan Pers, baru 12 ribuan wartawan sudah ikut uji kompetensi wartawan (UKW). “Dan bagaimana PWI harus mendidik wartawan sebanyak itu kalau bukan tanpa bantuan pemerintah,” ujar Hilman.

Sementara, Kadiskominfo Purwakarta Ida Siti Hamidah mengatakan, peningkatan mutu wartawan merupakan komitmen Pemkab Purwakarta. Diskominfo Purwakarta sendiri, sudah membantu pelaksanaan UKW dua kali di tahun 2019.

“Kami komitmen untuk meningkatkan kualitas wartawan yang fokus bertugas di Purwakarta. Ke depannya, kami mengharapkan semua wartawan di Purwakarta bisa ikut UKW. Sehingga kualitas mereka tidak lagi diragukan,” demikian Ida. (Reg/At)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *