oleh

Puluhan Juta KK Tak Mendapat Subsidi Elpiji 3 Kg

-Tak Berkategori-68 views

 

Min.co.id, Jakarta: Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya belum bisa menggunakan closed circuit television (CCTV) untuk menilang pelanggar lalu lintas. Ada beberapa kendala untuk menerapkan tilang CCTV.

“Anggarannya enggak ada, kita bisa gunakan represif non yustisi. Maksudnya teguran imbauan, hanya sekedar itu saja, tapi untuk dibawa ke pengadilan, belum bisa,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Halim Pagarra saat dikonfirmasi, Sabtu 7 Oktober 2017.

Halim pernah melakukan study banding ke beberapa negara, terkait penerapan tilang yang menggunakan CCTV. Dalam sistem tilang CCTV yang pernah dilihat Halim, lembar kertas bisa otomatis langsung keluar dari mesin print ketika adanya pelanggar lalu lintas yang terekam CCTV.

Menurut Halim, DKI Jakarta belum mempunyai mesin secanggih itu untuk penerapan sistem tilang menggunakan CCTV.

“Ini belum secanggih di luar negeri, minggu depan kita rapatkan dengan kehakiman dan semua pihak. Minggu depan sudah bisa dilaksanakan, tapi enggak bisa langsung otomatis keluar di ini, di internet, tapi manual begitu,” pungkas Halim.

Sebelumnya, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI jakarta Sigit Wijatmoko menyebut pihaknya telah memasang belasan kamera CCTV. Penerapan CCTV bertipe pan tilt zoom (PTZ) itu rencananya terhubung dengan pemberlakuan tilang elektronik (e-Tilang).

Sigit menjelaskan, salah satu bahasan yang masih dikomunikasikan ialah pemasangan kabel elektronik yang terhubung dengan CCTV PTZ. Kabel berbentuk serupa fiber optik yang mengalir sesuai selangnya.

Ia juga berharap penerapan CCTV di berbagai simpang Ibu Kota bisa meningkatkan kesadaran berkendara dan penegakan hukum. Menurut Sigit, pemasangan CCTV merupakan bagian pembangunan Intelegence Transport System yang memanfaatkan teknologi informasi untuk memantau lalu lintas.

Beberapa area yang telah dipasang CCTV PTZ ialah persimpangan Jalan Kebon Sirih-M.H. Thamrin, Hotel Millenium, Sunan Giri, Harmoni, Patung Kuda, dan simpang TU Gas.

Kawasan Jalan Panjang seperti Kedoya Pesing-Jalan Panjang, Sunrise Garden-Jalan Panjang, Kedoya Green Garden-Jalan Panjang, Kedoya Duri-Jalan Panjang, dan Pos Pengumben-Jalan Panjang juga sudah dipasangi CCTV PTZ.(metrotvnews)

Komentar