oleh

Tips Membuat Rendang Jengkol Tidak Bau

-Tak Berkategori-572 views

min.co.id – Membuat resep rendang jengkol yang enak, legit,empuk dan tidak bau bisa dibilang gampang gampang susah. Untuk menghilangkan bau yang timbul karena sulfur ini memang membutuhkan tips khusus. Walaupun menggunakan bumbu rendang jengkol pedas yang sama, tetapi kalau tidak diolah dahulu bau khas jengkolnya masih menyengat lho. Banyak yang pernah mencicipinya mengatakan bahwa resep masakan jengkol dengan bumbu rendang ini rasanya hampir sama seperti rendang daging. Untuk itu dibawah kami berikan beberapa tips mengolah biji jengkolnya sebelum di masak dengan resep rendang padang.

  1. Yang paling penting adalah jengkol yang akan digunakan harus jengkol yang sudah tua. Kalau yang masih muda baunya lebih kuat sehingga akan susah sekali untuk dihilangkan. Biasanya warna dagingnya lebih ke arah warna coklat muda.
  2. Belah jengkol menjadi 2 kemudian rendam dengan air bekas cucian beras. Air cucian beras ini berfungsi untuk mengurangi dan menghilangkan bau khas jengkol yang nanti keluar saat memasak rendang jengkol. Proses perendaman ini bisa 1 atau 2 hari. Ingat air harus diganti tiap hari ya kemudian cuci bersih dengan air.
  3. Rebus jengkol tadi dengan air mendidih supaya sisa-sisa bau dan kulit arinya mengelupas semua. Bisa ditambahkan sedikit rajangan daun jeruk supaya lebih segar aromanya.
  4. Sampai tahap ini sebenarnya sudah siap untuk dimasak dengan bumbu rendang jengkol. Tetapi supaya lebih mantap, sebaiknya biji jengkol yang sudah dibelah tadi bisa dikukus sebentar supaya lebih empuk.

Selain citarasanya yang unik dan membuat orang yang pernah mencicipinya ketagihan, resep rendang jengkol bumbu pedas ini ternyata juga banyak mengadung gizi lho. Sebut saja kalsium, zat besi, asam folat, fosfor, antioksidan dan proteinnya yang cukup tinggi. Selain itu ada kandungan gizi rahasia yang hanya terdapat pada bahan makanan ini, yaitu zat asam jengkolat. Selain manfaat tadi, sayangnya biji tanaman polong-polongan ini juga mengandung efek samping yang harus diwaspadai kalau berlebihan. Kandungan asam jengkolat selain bagus buat penderita diabetes ternyata juga berbahaya buat penderita ginjal karena butiran-butiran zat ini susah untuk disaring oleh ginjal. Jadi sebaiknya dan dianjurkan untuk penderita gangguan fungsi ginjal untuk mengurangi konsumsi resep masakan jengkol bumbu rendang atau semur jengkol ya.

Untuk yang sudah penasaran bagaimana cara membuat rendang jengkol pedas yang enak, empuk dan tidak bau simak ini baik-baik yaa.

Bahan Resep Rendang Jengkol

  • Bahan utama adalah jengkol tua kurang lebih sebanyak 1/4 kg saja.
  • Lengkuas kurang lebih sebanyak 1 ruas jari orang dewasa.
  • Santan asli dari perasan kelapa kurang lebih sebanyak 300 ml.
  • Daun jeruk kurang lebih sebanyak 2 pcs.
  • Batang serai kurang lebih sebanyak 1 pcs.
  • Daun salam kurang lebih sebanyak 2 pcs.

Bumbu Rendang Jengkol

  • Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 5 pcs.
  • Bawang merah ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 5 pcs juga.
  • Buah cabai merah keriting secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 5 sampai 7 pcs.
  • Buah cabai merah besar secukupnya atau kurang lebih sebanyak 3 sampai 5 pcs.
  • Ketumbar butiran kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil saja.
  • Jahe ukuran sedang besar kurang lebih sepanjang 3 cm.
  • Kemiri kurang lebih sebanyak 2 pcs. Bisa disangrai dahulu supaya lebih harum.

Bahan bumbu dan pelengkap lainnya

  • Gula pasir secukupnya sesuai selera.
  • Lada halus secukupnya sesuai selera.
  • Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera.
  • Penyedap rasa secukupnya kalau suka.
  • Minyak goreng secukupnya untuk menumis bumbu rendang nya.

Cara pembuatan rendang jengkol

  1. Pertama rendam jengkol dengan air bekas cucian beras selama kurang lebih 1 atau 2 hari supaya aromanya hilang.
  2. Setelah itu cuci bersih kemudian masukkan ke air rebusan mendidih sampai biji jengkolnya empuk.
  3. Bersihkan kulit jengkol kalau masih ada kemudian geprek pelan atau memarkan supaya bumbu resep rendang jengkol nya nanti mudah meresap kemudian sisihkan.
  4. Haluskan dan uleg cabai, jahe, kemiri, ketumbar, bawang putih dan bawang merah sampai halus.
  5. Siapkan penggorengan dengan minyak secukupnya.
  6. Masukkan bumbu rendang jengkol kemudian aduk aduk sebentar sampai layu.
  7. Masukkan daun slaam, daun jeruk, lengkuas dan batang serai kemudian aduk-aduk sampai tercium bau harum khas bumbu rendang.
  8. Tuang santan yang sudah disiapkan bersama dengan biji jengkolnya kemudian aduk-aduk kembali sampai mendidih.
  9. Tuang garam dapur bersama dengan lada halus, gula pasir dan penyedap rasa kalau suka lalu aduk-aduk kembali.
  10. Tes rasa rendang jengkolnya, kalau perlu tambahkan bumbu garam dan gula kalau diperlukan.
  11. Masak dan aduk sampai kuahnya mengental.

Selesai sudah proses masak jengkol spesial dengan bumbu rendang diatas. Walaupun proses dan cara membuat rendang jengkol ini membutuhkan waktu yang tidak sedikit, tetapi mantap dan lezat bukan rasanya. Resep rendang jengkol tadi tidak kalah dengan resep semur jengkol atau bahkan rendang daging bukan. Untuk teman-teman yang sedikit khawatir mengenai urine saat ke kamar mandi. Sangat disarankan setelah beberapa saat makan rendang jengkol untuk minum kopi supaya urine nya nanti tidak bau jengki.

(resepcaramasakinfo)

Komentar