oleh

Gas Sumber Malapetaka Kini Jadi Manfaat

-Tak Berkategori-262 views

biogasmin.co.id/Subang – Setiap musim kemarau TPA Caringin Panembong Subang satu-satunya tempat penampungan sampah di Kabupaten Subang yang selalu mengundang petaka. Pasalnya, gas yang bersumber dari timbunan sampah menimbulkan percikan api sehingga dapat menyebabkan kebakaran.

Dalam upaya memadamkan api biasanya puluhan mobil tanki RESCUE diturunkan Dinas Pemadam Kebakaran, sehari mencapai 7 hingga 10 mobil tanki air. Hal ini agar kebakaran yang terjadi tidak semakin meluas dan menghindari polusi udara yang berkepanjangan.

Dengan melihat kondisi tersebut, Perhatian dari kepala Dinas Lingkungan Hidup Drs. H. Yayat dilakukan. Akhirnya Kodim 0605 Subang beserta Pemda Subang membuat terobosan dengan memanfaatkan gas yang dihasilkan dari timbunan sampah tersebut menjadi bio energi gas.

Bio energi gas ini akan dimanfaatkan menjadi sumber energi untuk kebutuhan rumah tangga. Selain itu juga, warga sekitar menerima bantuan kompor gas untuk keperluan memasak sehari-sehari.

Gas yang sebelumnya menjadi sumber malapetaka, kini menjadi sangat bermanfaat, ramah lingkungan, dan aman untuk digunakan. Mulai pada hari ini Selasa (7/06/2017) pekatnya asap sampah berubah menjadi hal yang bermanfaat dan bisa dinikmati masyarakat untuk memasak buka puasa dan santap sahur.(rrs)

Komentar