oleh

IPSI Surabaya Gelar Kejuaraan Pencak Silat Antar Pelajar SMA

Min.co.id-Surabaya-Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Surabaya bersama Universitas PGRI Adi Buana Surabaya menggelar Kejuaraan Pencak Silat antar pelajar SMA se Surabaya memperebutkan Piala Rektor Adi Buana Cup 2020.

Kegiatan digelar 23 – 27 Maret di GOR Hasta Brata Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Humas IPSI Kota Surabaya, Herlambang Prijombodo mengatakan, kejuaraan digelar bertujuan untuk membudayakan dan melestarikan serta mengembangkan budaya asli bangsa Indonesia yaitu pencak silat.

Kejuaraan ini juga sebagai bentuk pembinaan yang berkesinambungan bagi para atlet yang potensial baik dari golongan pelajar SMA sederajat dan Usia Taruna. Lebih dari itu, untuk mempersiapkan atlet pencak silat yang potensial, dalam rangka mempersiapkan tim IPSI Kota Surabaya dalam menghadapi kejuaraan Pencak Silat dan sebagai ajang pembentukan tim Puslatcab Porprov Jatim VI – 2021 oleh IPSI Surabaya.

“Pencak Silat merupakan seni olah raga beladiri yang menghimpun seluruh potensi bangsa yang memiliki persamaan cita cita, wawasan, dan tujuan dalam pelestarian budaya bangsa asli Indonesia sedangkan kejuaraan ini sebagai pemanasan jelang Porprov. Jatim terutama bagi pesilat dari unsur pelajar SMA” terang Herlambang, Kamis (5/3).

Ditambahkan, pencak silat adalah salah satu olah raga tradisional asli bangsa Indonesia, saat ini pencak silat lebih dikenal masyarakat dunia, terbukti dengan adanya pengakuan dari Unesco bahwa pencak silat merupakan budaya asli Indonesia.

Pencak Silat sebagai wadah bagi warga Indonesia dalam meningkatkan ketrampilan diri, kualitas mental dan fisik melalui seni beladiri tradisoanal, sehingga siap dalam bela negara. “Olah raga pencak silat warisan asli Indonesia dan sudah diakui oleh Unesco, pelestarian seni beladiri ini tidak hanya oleh IPSI saja tetapi juga elemen masyarakat lainnya seperti yang dilakukan Universitas PGRI Adi Buana ini perlu diberikan apresiasi,” pungkasnya. (pno/p)

Komentar

News Feed