oleh

Ternyata Kabupaten Maja Lebih Awal Lahir Sejak 1819, dari Kabupaten Majalengka

Min.co.id, Majalengka – Kabupaten Maja ternyata lebih dulu lahir waktu jaman pemerintahan belanda yang ditetapkan tanggal 5 januari tahun 1819 dimana Pemerintahan Kabupaten Maja dipimpin oleh RT. Dendanagara alias Ky. Sura Adiningrat yang lebih dikenal oleh masyarakat Maja pada waktu itu.

Sementara untuk pemerintahan Kabupaten Majalengka sendiri baru dinamai pada tahun 1840 setelah pindahnya Kabupaten Maja ke Sindangkasih sekaligus ganti nama jadi Kabupaten Majalengka tepatnya pada tanggal 11 Februari 1840.

Keberadaan Kabupaten Maja ini terungkap pada catatan sejarah dan literasi Desa Maja utara Kecamatan Maja Kabupaten Majalengka saat diadakannya Milangkala ke 202 dan ngariung bareng mengenang lahirnya Kabupaten Maja yang jatuh pada tanggal 5 Januari yang diikuti oleh Grup Majalengka Baheula (GRUMALA) dan Pemerintahan Desa Maja Utara di lapang Pasir Kopo, Selasa (5/1/2021).

Ketua Grumala Nana Rohmana atau lebih dikenal Naro dalam acara milangkala ini didaulat untuk membacakan naskah pembentukan Kabupaten Maja untuk membuka cerita dan akan menjadi acuan kedepannya bagi Desa Maja Utara.

Seperti dikatakan kepala Desa Maja Utara Didi Juhari melalui Sekretaris Desa Toto Suhartono menyampaikan pesannya dimana kepala Desa sangat menyambut baik acara yang diselenggarakan oleh Grumala ini karena bisa bermanfaat untuk generasi muda kedepannya lebih mengenal literasi desa nya sendiri kata Toto.

Dan Toto pun mengucapkan terima kasih kepada Grumala karena dengan acara ini jadi mengetahui sejarah yang utuh tentang desa maja utara dan nantinya akan dibuatkan narasi nya biar mudah di baca oleh warga maja utara khususnya dan masyarakat Majalengka pada umumnya.

Bahkan masih menurut sekdes maja utara Toto mengatakan kedepannya Pasir Kopo akan dibuat wisata religi dan akan dibangun tempat tempat selfi juga beristirahat bagi para wisatawan kata Toto. (topik)

Komentar

News Feed