oleh

Sebagai Gambaran Saat Pemungutan Suara

-News-141 views

Min.co.id, Majalengka – Untuk pemantapan saat Pemilu 17 April mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Majalengka menggelar simulasi pemungutan suara, di Desa Jatiraga, Kecamatan Jatitujuh pada hari Kamis (4/4/2019).

Ketua KPU Kabupaten Majalengka, Agus Syuhada menjelaskan, saat simulasi, KPU melibatkan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan juga Panitia Pemungutan Suara (PPS), serta kelompok panitia pemungutan suara (KPPS). Kemampuan mereka di uji, seperti apa saat menghadapi persoalan teknis di lapangan nanti.

“Simulasi ini agar penyelenggara mempunyai kecakapan dalam proses pemungutan suara. Pada simulasi ini mereka akan mendapatkan gambaran seperti apa persoalan yang berpotensi muncul saat pencoblosan,” ujar Agus.

Ada beberapa kejadian unik dalam simulasi tersebut, mulai dari kebingungan melipat surat suara hingga memasukan surat suara ke dalam kotak suara. Seperti diketahui, dalam Pemilu 2019, masyarakat mendapatkan 5 surat suara untuk pemilihan presiden, DPD, DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota. Sedangkan waktu rata-rata pemilih melakukan pencoblosan sekitar 3 menit, ada juga warga yang menghabiskan waktu sampai 8 menit. (Ndra)

Komentar

News Feed