oleh

Gempa Bumi Menguncang Tasikmalaya dan Tidak Berpotensi Tsunami

-Tak Berkategori-287 views

gempa bumimin.co.id/Tasikmalaya – Telah terjadi gempa bumi tektonik dengan kekuatan 4,5 magnitudo (M) di Wilayah Tasikmalaya, Jawa Barat pada hari Sabtu (3/06/2017). Gempa bumi ini tidak berpotensi Tsunami.

Menurut Kepala Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Wilayah II, Joko Siswanto, S.Sos, Sabtu (3/06/2017), dari hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini terjadi pada pukul 10.22 Wib. Dengan Episenter terletak pada koordinat 8.12 Lintang Selatan dan 107.94 Bujur Timur, tepatnya di laut pada jarak 56 km Barat Daya Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat pada kedalaman 33 kilometer.

Untuk hasil analisis shakemap BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini dapat dirasakan pada skala intensitas II SIG-BMKG atau III-IV MMI di Tasikmalaya, Pangandaran dan sekitar pesisir pantai di selatan Tasikmalaya. Selain itu, guncangan gempa bumi ini dapat dirasakan pada skala intensitas III-IV MMI dan II-III MMI di Garut dan Ciamis. Jika dilihat dari lokasi dan kedalamannya, gempa bumi ini merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat Subduksi Lempeng Indo-Australia yang menunjam Lempeng Eurasia.

Untuk saat ini hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan. Dan masyarakat dihimbau agar tidak mudah terpancing isu dan terus mengikuti arahan dari BPBD serta informasi dari BMKG, karena gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi Tsunami.(rfn)

Komentar