oleh

Polres Majalengka Gelar Apel Besar 3 Pilar Jelang Pilkada 2018, Idul Fitri 1439 H, dan Lawan Terorisme

-News-570 views

Min.co.id-Majalengka-Polri, TNI dan Pemerintah Daerah Majalengka Wujudkan sinergitas yang solid dalam rangka melawan terorisme, menciptakan sitkamtibmas yang kondusif pada Bulan Suci Ramadhan, Idul Fitri 1439 H dan Pilkada Kabupaten Majalengka dan Pilkada Jawa Barat 2018 yang Aman, Kapolres Majalengka AKBP Noviana Tursanurohmad. S.I.k., M.Si., menggelar Apel Besar Tiga Pilar Sabtu (2/6/2018).

Apel Tiga Pilar, melibatkan Polri, TNI dan pemerintah Kabupaten Majalengka, lebih tepatnya Bhabinkamtibmas, Babinsa bersama para Kepala Desa / Lurah sebagai ujung tombak di masyarakat, di gelar di lapangan upacara Mapolres Majalengka.

Turut diundang pula dalam kegiatan apel besar, yang dipimpin oleh sekaligus dua pucuk pimpinan yaitu Kapolres Majalengka AKBP Noviana Tursanurohmad. S.I.k., M.Si., bersama Dandim 0617 Majalengka, Bupati Majalengka Dr. H. Sutrisno. SE. M.Si., diantaranya Kepala Badan Kesbangpolinmas Kab. Majalengka, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat serta tamu undangan lainnya.

Dalam penuturannya, Kapolres Majalengka AKBP Noviana mengatakan, “ diharapkan dengan adanya apel tiga pilar ini, semua dapat mengantisipasi setiap potensi gesekan antar kelompok masyarakat dengan melaporkan setiap fenomena yang akan timbul untuk diantisipasi oleh masyarakat bersama aparat terkait melalui sinergitas 3 pilar.“

Melaporkan setiap kejanggalan yang berpotensi menjadi permasalahan dimasa yang akan datang dan meningkatkan kerja sama serta koordinasi antara masyarakat dengan TNI / Polri sebagai aparat keamanan untuk bersama-sama mencegah dan menanggulangi adanya paham radikalisme serta melawan terorisme.

Jalin komunikasi dengan aparatur keamanan yang ada di sekitar saudara, bisa melalui babinkamtibmas, Babinsa dan Lurah atau kepala Desa, karena merekalah Lini terdepan dalam menciptakan Majalengka yang aman, sejahtera dan kondusif, serta tingkatkan fungsi dan peran 3 pilar dalam membina masyarakat melalui kegiatan sambang warga atau (door to door system) untuk lebih mengenal sebagai upaya deteksi dini dan cegah dini dari setiap akar permasalahan untuk dapat segera diantisipasi atau diselesaikan di tingkat RT / RW maupun desa / kelurahan.

Didalam mewujudkan wilayah yang aman maka para Kepala Desa harus lebih menertibkan proses Administrasi, dalam arti jika Kepala Desa sudah menerima administrasi dari penduduk supaya lebih diteliti kembali, dengan demikian maka situasi wilayah pasti akan terjaga dan kondusif.

Semua Kepala Desa yang hadir disini, diharapkan mampu memberikan sosialisasi kepada para RT dan RW supaya lebih peduli dan lebih menertibkan administrasi terhadap penduduk yang baru, karena dengan adanya ketertiban administrasi kependudukan insya Allah suatu wilayah tidak akan kecolongan satupun penduduk.

Diharapkan Babinsa dan Babinkamtibmas supaya membantu Kepala Desa dalam mengaktifkan peran para RT dan RW yaitu lebih peduli terhadap warganya dengan cara tertib administrasi, sehingga hal tersebut akan menjadikan suatu hal yang manfaat dalam rangka mendapatkan informasi.

Terkait dengan Deradikalisasi, biarlah itu menjadi kewenangan BNPT, TNI/Polri, yang terpenting peran dari Kepala Desa adalah hanya meningkatkan kepedulian terhadap warganya, dalam arti jika semua sudah membuat program kepedulian maka semua akan dapat diketahui, sehingga akan menciptakan situasi wilayah yang kondusif, dan dengan kepedulian itu juga akan dapat menjadikan budaya tertib dan budaya aman, “ tandas Kapolres Majalengka AKBP Noviana.

Sebentar lagi kita akan merayakan Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah dan Mulai tahun ini juga dan tahun-tahun kedepannya Kabupaten Majalengka akan banyak menghadapi beberapa Pemilihan Umum seperti tahun ini akan dilaksanakan Pemilihan Bupati Majalengka, Pilgub Jawa Barat, kemudian tahun 2019 akan dilaksanakan Pilpres dan Pileg, dengan banyaknya tantangan yang akan dihadapi, sehingga diharapkan semua harus membangun kerjasama dan menyelesaikan permasalahan yang terjadi di wilayah masing-masing, maka Babinsa dan Babinkamtibmas bila tidak bisa menyelesaikan masalah di wilayahnya, diharapkan supaya melaporkan ke Kapolsek dan Danramil masing-masing, karena langlah tersebut adalah langkah yang terbaik.

Dengan banyaknya Pesta Demokrasi yang akan dihadapi, diharapkan semua tetap menjaga kerukunan, boleh beda pilihan, namun semua tetap sama dan harus tetap menjaga situasi yang aman, agar supaya meskipun lapisan masyarakat mempunyai perbedaan pilihan, namun hal tersebut tidak akan mampu meruntuhkan kerukunan warga Majalengka.

Dalam rangka mewujudkan pencegahan terhadap tindakan teroris dan menghadapi Pilkada serentak Dandim 0617/Majalengka dan Kapolres Majalengka berharap supaya Babinsa dan Bhabinkamtibmas dapat melaporkan semua yang dapat dianalisa, artinya apabila ada hal temuan yang terjadi di masyarakat jangan menganggap remeh, karena hal kecil bisa membesar dan menjadi penting bila sejak dini tidak dikelola, maka diharapkan semua harus dapat dilaporkan dan diselesaikan secara tertib, “ tegas AKBP Noviana saat sambutannya. (topik)

Komentar

News Feed