oleh

Demo Serikat Tani Indramayu di Kantor ATR/BPN

-News-250 views

Min.co.id, Indramayu – Masih dalam rangkai memperingati Hari Buruh (MayDay) Serikat Tani Indramayu beserta para anggotanya terdiri dari para petani Indramayu mengadakan demo di Kantor ATR/BPN dengan tuntutan reforma agraria sejati, Kamis (2/5/2019).

Korlap Aksi Serikat Tani Indramayu, Mujahid Hizbulah mengatakan titik kumpul anggota Serikat Tani di Gor Dharma Ayu, berjalan menuju di kantor ATR/BPN, hanya saja Kepala ATR/BPN Indramayu tidak ada ditempat dan tak satupun perwakilan yang menemui para pendemo.

Dengan membawa spanduk “Buruh, Tani Berdaulat Negara Kuat” , perwakilan petani berorasi sebagaimana di ungkapkan Mujahid dengan mengajukan tuntutan Negara wajib menjalankan Reforma Agraria sejati yang berdasarkan atas inisiatif rakyat sesuai amanat UU 1945 Pasal 33 yang mengamanatkan “Tanah, Air, Udara, dan yang terkandung didalamnya dikuasai Negara dan sebesar-sebesarnya untuk kemakmuran rakyat”.

Kemudian diturunkan ke UU Pokok Agraria No. 5 tahun 1960 dan diperkuat dengan Perpes 86 tahun 2018, bukan malah menghalangi dengan Perhutani Sosial yang terindikasi sebagai reforma Agraria Palsu.

Negara juga melalui ATR/BPN mesti memproses tanah- tanah yang sudah menjadi pemukiman desa tapi masih diklaim oleh Instansi tertentu sebagai warisan UU Kolonial.

Persyaratan terciptanya Reforma Agraria Sejati adalah iklim birokrat penyelenggara yang bersih, Pemerintah Pusat maupun Provinsi mesti mengevaluasi ATR/BPN Indramayu agar bekerja secara profesional jangan jadi mafia pertanahan dengan mempersulit rakyat miskin mendapatkan akses secara gratis dan menghambat program pertanahan yang pro rakyat ujar Ketua Tani Rakyat, Mujahid Hizbulah.

Kapolres Indramayu, AKBP Yoris Maulana Marzuki sangat mengapresiasi jalannya demo tertib, aman kondusif dari awal hingga bubarnya demo dan dapat pengawalan penuh dari Polres Indramayu. (Hasto)

Komentar

News Feed