oleh

Monitor Covid-19, Komisi I DPRD Indramayu Kunlap Ke Desa – Desa

Min.co.id-Indramayu-Wabah Corona Virus Desease (Covid-19) yang ramai diperbincangkan saat ini, dapat mengencangkan urat saraf para penyelenggaran pemerintah untuk berjibaku melawan dan memutus mata rantai penyebaran sosok makhluk yang mematikan. Para wakil rakyat DPRD Indramayu yang biasanya bekerja di ruang ber AC, saat ini harus turun ke lapangan untuk melakukan kunjungan ke desa – desa, guna melihat secara langsung penanganan dan pencegahan yang dilakukan jajaran birokrasi dibawah selama ini.

Wakil rakyat yang sebagian menganggap hanya pandai mengkritik kinerja pemerintah daerah, harus didukung dengan fakta-fakta dilapangan, maka, dalam menguatkan peran pengawasan atas kinerja Gugus Tugas Covid-19 dan Pemkab Indramayu, Komisi 1 DPRD Indramayu akan melakukan kunjungan lapangan (Kunlap) ke desa – desa.

Anggota Komisi 1 DPRD Indramayu, Ahmad Muzani Nur, mengatakan, Komisi 1 DPRD Indramayu sebagai mitra kerja pemerintah akan melakukan kunjungan lapangan selama satu bulan di seluruh desa se-Kabupagen Indramayu. Upaya itu dilakukan sebagai bentuk penguatan tugas DPRD tentang pengawasan.

“Beberapa target Kunlap Komisi 1 DPRD Indramayu nanti, melakukan pengawasan kepada para Camat dan Desa dalam penganggaran untuk Covid-19 sesuai Ederan Kemendes dan Desa Tertinggal RI,” katanya kepada Min.co.id, Rabu (2/4/2020).

Disamping itu, anggota komisi yang diturunkan sebanyak tiga kelompok masing-masing kelompok 4 orang itu, akan menanyakan kepada seluruh desa terkait personil pencegahan Covid-19 dan fasilitas apa yang sudah disiapkan.

Banyak hal yang nanti didiskusikan Tim Kunlap Komisi 1 bersama Pemdes, termasuk bagaimana menggali swadaya masyarakat untuk program Disinfektan yang dilakukan sejak kapan dan akan berahir kapan.

Disamping itu juga, berkaitan dengan hak hak warga masyarakat baik data calon penerima bantuan dampak virus corona, formulasi, sistem dan teknisnya seperti apa untuk.bosa diketahui dilapangan.

“Dari kelompok masyarakat apa masyarakat yang mendapat bantuan, desa nanti pendataan untuk bantuan dari pusat atau propinsi seperti apa, intinya kami menghindari tumpang tindih bantuan,” terang Politisi PKB ini.

Termasuk juga, Tim Kunlap akan menanyakan bagaimana Pemdes melakukan konsep perlawanan wabah virus Corona didesa masing-masing yang perlu juga diketahui oleh Komisi 1 DPRD Indramayu.

“Jadi fakta-fakta lapangan nanti ada gambaran seperti apa penanganan ODP dan PDP mekanisme pelaporannya dan seterusnya,” terang Ketua BPC HIPMI Indramayu ini.

Seperti diketahui, melawan Covid-19 adalah tugas bersama seluruh unsur dan elemen masyarakat Kabupaten Indramayu, termasuk didalamnya penyelenggara pemerintahan yang ada, untuk bersama-sama, bahu membahu memutus mata rantai dan pencegahan terhadap virus corona yang saat ini sudah semakin mengkhawatirkan. (Red/Rls)

Komentar

News Feed