oleh

Pra Piala Asia U-19 Timnas Indonesia Taklukan Brunei Darussalam 5-0

-Tak Berkategori-121 views

Min.co.id-Tim nasional (timnas) Indonesia berhasil menuai kemenangan besar pada laga perdana mereka di grup F Pra Piala Asia U-19 2018. Itu setelah, mereka membantai Brunei Darussalam dengan skor telak 5-0, di Stadion Paju, Korea Selatan, Selasa (31/10).

Kemenangan ini membuat Indonesia memuncaki klasemen sementara grup F dengan tiga poin. Sebenarnya, poin yang dikoleksi mereka sama dengan yang diraih Malaysia, setelah berhasil menang 3-1 atas Timor Leste. Namun Indonesia berhak berada di puncak lantaran unggul dalam hal selisih gol.

Babak pertama

Seperti yang sudah diprediksi, Indonesia langsung mendominasi jalannya pertandingan. Brunei yang memang sudah menerapkan permainan bertahan, kesulitan untuk keluar dari tekanan skuat Garuda Nusantara.

Tekanan bertubi-tubi yang dilancarkan Indonesia akhirnya berhasil berbuah gol pada menit ke-12, lewat sundulan Muhammad Rafli Mursalim yang menyambut umpan Firza Andika. Skor pun berubah 1-0.

Unggul satu gol, Indonesia kian gencar melancarkan serangan. Peluang emas kembali didapatkan melalui Muhammad Iqbal. Namun bola sontekannya hanya melambung di atas gawang Brunei.

Brunei yang sejak awal memeragakan pertahanan rapat, sesekali juga menerapkan permainan terbuka. Namun itu justru membuat celah di pertahanan mereka lebih terbuka.

Muhammad Iqbal – Timnas Indonesia U-19 & Brunei Darussalam

Meski para pemain Brunei tetap menampilkan permainan disiplin saat bertahan. Sehingga masih membuat Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan kesulitan untuk menembusnya. Egy memberikan ancaman lewat sepakannya tapi masih bisa ditepis kiper Brunei Abdul Mutalip.

Hingga akhirnya, skuat yang dilatih Indra Sjafri tersebut berhasil menambah gol pada menit ke-44, setelah pemain Brunei Hariz Bin Herman melakukan gol bunuh diri lantaran salah dalam menghalau sundulan Asnawi Mangkualam Bahar. Skor 2-0, bertahan hingga babak pertama berakhir.

Babak kedua

Pergantian pemain dilakukan Indonesia dengan memasukkan Saddil Ramdani dan Syahrian Abimanyu untuk menggantikan Witan Sulaeman dan Asnawi guna menambah daya gedor tim. Pertahanan disiplin pun tetap diperagakan para penggawa Brunei.

Indonesia berhasil memperbesar keunggulan menjadi 3-0, lewat bola sontekan Iqbal setelah sebelumnya bekerja sama satu-dua dengan Rafli di dalam kotak penalti.

Unggul tiga gol, Indonesia tak mengendurkan serangan mereka. Sebaliknya, Brunei tetap memeragakan pertahanan berlapis untuk meredam agresivitas Rachmat Irianto dan kawan-kawan.

Tapi Egy mampu membuat tim Merah Putih kembali menambah perbendaharaan gol mereka, setelah sepakan mendatarnya mampu membobol gawang Brunei. Skor kembali berubah 4-0.

Egy Maulana Vikri – Timnas Indonesia U-19

Indonesia terus menggempur pertahanan Brunei. Bahkan, Saddil Ramdani juga ikut mencetak gol lewat tendangan kerasnya dari luar kotak penalti, yang mengubah skor menjadi 5-0.

Tekanan tak henti-hentinya diberikan Indonesia. Irianto mengancam dengan sundulannya yang menyambut umpan Egy, namun bola masih melenceng dari gawang Brunei.

Beberapa kali percobaan tendangan dari luar kotak penalti coba dilakukan para pemain Indonesia. Namun belum bisa menambah gol lagi untuk Indonesia. Skor 5-0, menutup laga ini.

sumber:kompas

 

Komentar