oleh

Warga Salado Melakukan Aksi Mural di Tempat Pengolahan Sampah

Min.co.id-Majalengka-Sejumlah pemuda, seniman, komunitas, pemdes di Desa Salado Kecamatan Talaga Kabupaten Majalengka melakukan aksi kampanye kebersihan lingkungan lewat mural.

Mereka menyalurkan bakat seni grafiti di dinding/tembok Tempat Pengolahan Sampah (TPS) Desa Salado Kecamatan Talaga Kabupaten Majalengka, Minggu (7/7/2019).

Dari pantauan jurnalis Min.co.id, dengan bermodalkan cat dan kuas, para pemuda itu dengan asyik mulai melukis di media dinding tembok TPS.

Seperti mural milik Yoyon. Ia menggambar motif tong sampah yang merepresentasikan ekspresi wajah yang sedang senyum dengan tulisan Organik dan Anorganik, Hal itu jelasnya, sebagai pesan untuk masyarakat lewat lukisan mural agar masyarakat bisa memilah sampah.

“Supaya masyarakat bisa membuang sampah dengan sesuai jenisnya ke tong sampah organik dan anorganik,” terang Yoyon

Seniman lainnya, Maya Berlin, menuturkan dengan bentuk kampanye seperti ini bisa memberikan kesadaran bagi masyarakat dalam memperhatikan lingkungan, terutama pengelolaan sampah, yang kian menjadi masalah hampir di semua wilayah. Maka dengan itu kita harua peduli terhadap desa/lingkungannya masing-masing.

“Saya rasa ini sangat baik, supaya masyarakat bisa lihat, bisa baca langsung. Dan mereka sadar dengan menjaga kebersihan, memilah sampah serta menjaga kelestarian lingkungan. Dengan mural ini merubah tempat yang tadinya jijik menjadi asyik,” jelasnya

Asep Mahmudin, Kepala Desa Salado mengatakan, selain memberikan pesan tersendiri bagi masyarkat, mural juga memberdayakan para pemuda yang mempunyai bakat seni melukis serta dapat memperindah tempat pengolahan sampah yang biasanya identik dengan kumuh dan kotor.

“Kami berinisiatif kampanyekan Desa Salado menuju Desa Berbudaya lingkungan salah satu caranya lewat lukisan mural ini,” jelas Asep. (Ndra)

Komentar

News Feed