oleh

Tax Expo Promosikan Produk UMKM

Min.co.id, Cirebon – Kanwil DJP Jawa Barat II meliputi ( Ciayumajakuning ) bekerja sama dengan MAQDIZ Management dan CSB MALL menyelenggarakan kegiatan Business Development Service (BDS) UMKM dengan tema “ The Spirit Global Of Young Entrepreunuer ” yang di
selenggarakan mulai tanggal 5 sd 7 April 2019 bertempat di CSB Mall.

Ketua Panitia Tax Expo Eko Hadiyanto menyampaikan kegiatan Tax Expo ini adalah untuk mengembangkan pola pembinaan kepada UKM melalui program BDS UMKM. BDS meliputi pelatihan, jasa konsultasi, dan saran, bantuan pemasaran, informasi pengembangan usaha, alih teknologi, manajemen pembukuan, dan laporan pajak, serta promosi jaringan usaha.

“Program ini berupa kegiatan penyuluhan yang dilakukan terhadap para pelaku UMKM dengan memberikan materi yang berisi kita-kiat bagaimana mendorong perkembangan usaha para pelaku UMKM. Pihak-pihak yang terkait dengan pengembangan usaha, seperti lembaga pengembangan UMKM, pihak perbankan, serta instansi pemerintah melalui Dinas Koperasi dan UMKM dan Dinas Perdagangan,” paparnya, Jum’at (5/4/2019).

Lanjut dirinya, secara umum permasalahan UMKM ada empat yang utama. Pertama, akses permodalan.
Bank dan lembaga keuangan melihat bahwa UMKM sangat berpotensi untuk
dikembangkan. Namun, ada kendala dalam menyalurkan kredit usaha. Kemudian masalah kedua, adalah akses pemasaran. Keterbatasan jaringan menyebabkan pelaku UMKM belum
sepenuhnya mengakses pasar, hanya maklon saja dari pesanan pedagang atau trader besar. Selanjutnya masalah ketiga terkait manajemen keuangan perusahaan. Manajemen keuangan UMKM belum tertata rapi, antara biaya dan pemasukan. Dan masalah keempat, fokus UMKM kebanyakan multibisnis.

“Melalui kegiatan Java Tax Expo for UMKM diCSB Mall, Kantor Wilayah DJP Jawa Barat II memberi ruang pemasaran secara gratis kepada para UMKM se Ciayumajakuning untuk memasarkan produknya dengan syarat sudah memenuhi kewajiban perpajakan Tahun Pajak 2018. Dalam kegiatan ini terdapat 25 UMKM di Ciayumajakuning yang bekesempatan untuk mendapatkan stand gratis yang disediakan oleh Kantor Wilayah DJP Jawa Barat II,” pungkas dirinya.

Sementara itu salah satu pegiat pengembangan UMKM di Majalengka Asep Rachmat Effendi menyampaikan, acara Tax Expo ini sangat bagus dan membantu mengenalkan serta mempromosikan produk UMKM yang ada di Majalengka.

“Mudah-mudahan acaranya berkelanjutan agar produk UMKM khususnya di Majalengka dapat dikenal oleh masyarakat umum sehingga mereka tertarik untuk membelinya,” harap dirinya. (Ndra)

Komentar

News Feed