oleh

Tanam Pohon Untuk Menjaga Udara Tetap Bersih

-News-30 views

Min.co.id, – Majalengka – Meskipun cuaca mendung disertai hujan gerimis, namun tidak menyurutkan peserta Gerakan Anak Bangsa Menanam Serentak (Gerbangmas) untuk memulai kegiatan pada hari Minggu (16/3/2019).

Kegiatan menanam pohon yang diprakarsai Ikatan Alumni Sekolah Kehutanan Menengah Atas (IKA-SKMA) ini merupakan puncak peringatan Hari Bakti Rimbawan ke-36 yakni 16 Maret.

Tahun ini kegiatan menanam dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia sebagai wujud bakti rimbawan. Cabang IKA-SKMA Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan (Ciayumajakuning) melakukan penanaman pohon di jalan Panglayungan hingga Baribis, Majalengka, Jawa Barat.

Jaja Suharja, Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah II Majalengka, mewakili Kepala Balai TNGC memimpin penanaman sepanjang jalan baru tersebut.

“Bibit yang ditanam hari ini yakni Trembesi, Pingku, Kiteja dan Pasang. Semua bibit tertanam dengan baik. Selain penanaman, selanjutnya pemeliharaan yang berkelanjutan agar bibit yang ditanam dapat tumbuh dengan baik,” kata Jaja Suharja.

Sementara itu Pimpinan Saka Wanabakti Majalengka, Yudhi Sumarna menerangkan pohon yang ditanam mempunyai fungsi untuk menyerap karbon dioksida sehingga diharapkan ditengah pembangunan yang ada kota Majalengka udaranya tetap terjaga. Dari anggota Saka Wanabakti yang ikut acara penanamannya sekitar 40 orang.

“Adik-adik Pramuka yang ada di Saka Wanabakti merupakan generasi rimbawan dimasa yang akan datang,” kata dirinya.

Dalam acaranya diawali dengan apel yang melibatkan banyak pihak seperti Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), Cabang Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat Wilayah. VIII, Balai Pendidikan dan Pelatihan LHK Kadipaten, SMK Kehutanan Kadipaten, TNI, Polri, Pramuka, dan Pecinta Alam. Acara ini mampu mengumpulkan 200 peserta yang berhasil menanam 2000 bibit pohon. (Ndra)

Komentar

News Feed