oleh

Siswa MAN Ini Jawara OSN Bidang Astronomi

Min.co.id, Purwakarta – Prestasi siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Purwakarta yang satu ini sungguh luar biasa. Betapa tidak, pelajar kelas 11 Matematika dan Ilmu Alam (MIA) 4 ini, baru saja menjuarai Olimpiade Sains Nasional (OSN) Bidang Astronomi se-Kabupaten Purwakarta.

Dia sukses menyisihkan ratusan peserta yang berasal dari SMA/SMK/MA se-Purwakarta. Padahal, bidang Astronomi sendiri belum pernah dipelajarinya di sekolah.

Siswa tersebut adalah Ramadhan Daffa Satria (17), siswa berkacamata murah senyum ini mengaku banyak mempelajari Ilmu Astronomi melalui buku dan internet.

“Alhamdulillah saya memang hobi membaca,” kata Daffa kepada jurnalis saat ditemui di Ruang Kepala Sekolah MAN Purwakarta, belum lama ini.

Daffa yang juga menjabat sebagai Ketua Majelis Perwakilan Kelas (MPK) MAN Purwakarta ini menyebutkan, dengan membaca banyak informasi yang didapatnya, termasuk tentang ilmu Astronomi.

“Persiapannya ya banyak membaca dan berdiskusi dengan guru pembimbing,” ujarnya mengisahkan saat hendak mengikuti OSN.

Terpilih sebagai juara di tingkat kabupaten, Daffa pun mewakili Purwakarta di tingkat Jawa Barat. “Alhamdulillah, yang di tingkat provinsi juga sudah saya ikuti. Saat ini tinggal menunggu hasilnya saja,” kata putra pasangan Agus Triyatmoko dan Sri Sunarsi.

Yang istimewa, belum lama ini Daffa juga terpilih sebagai Duta Muslim pada event Duta Muslim – Muslimah Kabupaten Purwakarta. Kebetulan Duta Muslimah-nya juga dari MAN Purwakarta, yakni Dea Putri Amanda (16).

Dimintai tanggapannya tentang prestasi Daffa, Kepala Sekolah MAN Purwakarta Dra. Hj. Yayan Irmayani, MA mengiyakan jika Daffa adalah salah satu siswanya yang kerap mengukir prestasi.

“Anaknya cerdas dan sopan. Bisa jadi role model bagi kawan-kawannya yang lain,” kata Hj Yayan.

Dirinya menambahkan, pihak sekolah akan selalu mendukung bakat dan minat siswa sehingga bisa mencetak prestasi.

“Selain Daffa, ada juga Syifa Melati (16), siswa kelas 11 MIA 2 yang menjuarai OSN Bidang Fisika dan juga mewakili Kabupaten Purwakarta di tingkat provinsi,” ucapnya.

Ditemui terpisah, Agus Triyatmoko, ayah Daffa, merasa bersyukur atas prestasi yang diukir putranya itu. “Sebagai orang tua, kami selalu mendukung segala kegiatan positif yang menjadi minat Daffa,” kata Agus.

Terlebih ibunya, sambung Agus, yang selalu berpesan agar menjauhi kegiatan yang kurang bermanfaat. “Seperti kumpul-kumpul di cafe, motor-motoran atau ke sana kemari ngga jelas,” ujarnya.

Agus juga berterimakasih kepada pihak sekolah yang tak hanya mendidik tapi juga selalu mendukung minat Daffa hingga bisa berprestasi seperti sekarang ini.

“MAN Purwakarta juga tak hanya sebagai tempat menuntut ilmu, tapi juga membentuk akhlak yang baik kepada para siswanya, termasuk Daffa,” kata Agus. (Red)

Komentar

News Feed