oleh

Ramainya Wisata Bendungan Salamdarma (BSD) Subang – Indramayu

-Travel-139 views

Min.co.id, Indramayu – Wisata Bendungan Salamdarma yang terletak di perbatasan antara Kabupaten Indramayu dan Kabupaten Subang, belakangan ini semakin ramai dikunjungi oleh warga sekitar. Salamdarma menjadi makin ramai sejak di sekitar bendungan ini disediakan arena permainan dan hiburan, khususnya untuk anak-anak.

Wisata Salamdarma adalah sebuah bendungan yang berlokasi di Mangunjaya Desa Salamdarma, Kecamatan Anjatan, Indramayu. Sebagian area bendungan ini juga masuk ke wilayah Kabupaten  Subang, tepatnya di wilayah Kecamatan Compreng, Minggu (14/04/2019).

Selain sebagai bendungan yang membagi aliran sungai Cipunagara untuk kepentingan irigasi pertanian bagi daerah di sekitarnya, Bendungan Salamdarma juga difungsikan sebagai jembatan penyebrangan di wilayah perbatasan Kabupaten Subang dan Kabupaten Indramayu tersebut.

Sebagai salah satu bendungan bersejarah, Bendungan Salamdarma tentunya memiliki daya tarik tersendiri bagi banyak kalangan. Karenanya, cukup banyak yang merasa penasaran untuk melihat langsung bendungan yang dibangun sejak tahun 1923 tersebut.

Saat akhir pekan khususnya di hari Minggu, suasana di sekitar Bendungan Salamdarma pun nampak akan semakin ramai. Selain banyaknya pengunjung yang duduk bersantai sambil menikmati suasana, cukup banyak pula para pengunjung yang menikmati hiburan yang disediakan di area Bendungan Salamdarma.

Suasana di sekitar Bendungan Salamdarma saat ini nampak lebih ramai dari biasanya. Tak hanya kaum dewasa, keramaian di sekitar Salamdarma juga diwarnai oleh banyaknya anak-anak.

Saat ini, ada cukup banyak wahana permainan dan hiburan anak yang sengaja digelar di sekitar Bendung Salamdarma. Tak hanya tempat bermain anak, nampak pula para pedagang yang menggelar aneka macam dagangan jajanan di sekitar bendungan tersebut.

Saat ini, di sekitar Salamdarma tersedia bermacam permainan anak mulai dari mandi bola, rumah mainan, odong-odong atau sisingaan hingga mobil hias. Selain itu cukup banyak pula pedagang mainan anak di sekitar bendungan ini.

Menurut Dede (41) dengan Putrinya Andini Putri Desita (6) salah satu pengunjung dari Haurgeulis Kabupaten Indramayu di Bendungan Salamdarma, keramaian ini hanya berlangsung pada hari Minggu saja. Saat hari biasa, suasana di sekitar bendung Salamdarma relatif lebih sepi.

lanjut, Dede tujuan berkunjung di wisata waduk salamdarma untuk melepas jenuh dengan kesibukan sehari-hari. Jadi saya dengan Putri saya sengaja berlibur di hari Minggu di waduk salamdarma di samping jaraknya juga deket bisa di jangkau dalam waktu 30 menit, dan untuk masuk ke area hanya di kenakan parkir sepeda motor sebesar Rp2 ribu.

Lebih lanjut, Dede menyebutkan Salamdarma memang sudah dikenal sebagai salah satu ikon wisata di wilayah Subang dan Indramayu. Salamdarma juga selalu menarik perhatian karena memiliki nilai sejarah yang tinggi.

Tak hanya sebagai tempat bertamasya, Bendungan Salamdarma yang sarat sejarah ini memang sangat layak dijadikan sebagai tempat wisata sejarah, untuk memberi edukasi tuturnya. (Alen)

Komentar

News Feed