oleh

Pengerajin Gerabah Di Indramayu Mulai Terancam Punah

-BIsnis-635 views

min.co.id/Indramayu – Kemajuan jaman dibidang teknologi sangat berpengaruh disemua bidang, demikian juga dengan peralatan rumah tangga. Peralatan rumah tangga kini lebih berkembang dan memiliki model beragam, bahkan para ibu rumah tangga kini mulai meninggalkan peralatan untuk memasak tradisional dan beralih menggunakan peralatan yang lebih modern dan lebih canggih. Karena disamping lebih modern dan canggih, alat-alat rumah tangga jaman kini dianggap lebih mudah dan praktis..

Kemajuan tersebut sangat dirasakan oleh para pengerajin gerabah (peralatan rumah tangga tradisional)  di Desa Karanganyar Kec. Kandanghaur Kab. Indramayu yang keberadaannya sudah mulai tersingkirkan secara perlahan oleh kamajuan teknologi.

Meski  pengerajin gerabah tersebut masih melakukan aktivitasnya dalam memproduksi gerabah, namun dari tahun ke tahun kian berkurang. Hal ini terjadi karena tidak ada generasi penerus sehingga menyebabkan jumlah pengerajin semakin sedikit bahkan dibilang hampir punah.

Casinah (90) salah satu pengerajin gerabah mengaku kebiasaanya membuat gerabah diawali dari rasa kagum dan penasarannya ketika masih duduk di bangku kelas 3 SR (sekarang SD),

Komentar

News Feed