oleh

Menkominfo; Pemerintah, Media dan Masyarakat Berperan Tangkal Hoax

-News-6 views

Surabaya-Perkembangan informasi dan digitalisasi ternyata makin mempermudah penyebaran berita bohong (hoax) di masyarakat. Untuk itu, perlu peran pemerintah, media dan semua stakeholder untuk menangkal berita yang akan merugikan masyarakat. Hal itu diungkapkan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara saat melaksanakan talkshow dan diskusi bertajuk “Pers Melawan Hoax” yang diselenggarakan Beritasatu Media Holding di lokasi pameran HPN 2019 di Grand City, Surabaya, Jumat (8/2).

“Maraknya berita hoax di masyarakat belakangan cukup mengkhawatirkan dan meresahkan. Semua pihak harus mengedukasi masyarakat untuk memilih dan memilah berita yang benar dan tidak,” kata Rudiantara.

Pemerintah sebagai pemangku kebijakan di bidang informasi kata Rudiantara, akan melakukan verifikasi terhadap situs dan pernyataan masyarakat lewat media sosial. Bila ada diindikasi menyebarkan hoax, maka pemerintah akan men-take down berita itu agar tidak meresahkan masyarakat.

Diungkapkan Rudiantara, hal lain yang bisa menangkal hoax adalah memproses secara hukum para penyebar hoax dengan menjeratnya melalui Undang-Undang Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) atau KUHP agar pelaku bisa berpikir ulang terlebih dahulu sebelum menyebarkan hoax.

Pemerintah sendiri menjamin perlindungan hukum terhadap warga yang melaporkan indikasi penyebaran hoax. “Masyarkat Indonesia harus bisa lebih maju dengan cara memfilter berita yang diterima sebelum disebarkan kepada publik. Bila itu sudah dilakukan penyebaran hoax akan berkurang,” kata Rudiantara.

Dalam kesempatan itu, dia juga menyatakan bahwa media sebagai garda terdepan penyebaran informasi harus benar-benar menampilkan berita-berita yang kredibel bila tidak ingin ditingkalkan pembacanya. “Media harus lebih detail dan lengkap dalam menyajikan berita ketimbang berita yang bersumber dari media sosial. Karena dengan media yang kredibel dengan menyampaikan informasi yang benar, maka hoax akan bisa diatasi,” tandas Menkominfo.

Praktisi media, Agus Sudibyo mengharapkan media sebagai ujung tombak informasi di Indonesia bisa menyajikan pemberitaan yang kredibel yang mengedukasi masyarakat.

Diskusi yang dipandu Pemimpin Redaksi Beritasatu.com, Primus Dorimulu itu berjalan atraktif dengan beberapa pertanyaan dari masyarakat dan praktisi media yang resah dengan maraknya hoax. (jal)

Komentar

News Feed