oleh

MajalengkaMart Jadi Percontohan Nasional

-BIsnis-285 views

Min.co.id-Majalengka – Sebagai masyarakat Majalengka tentunya bangga, karena saat ini di Majalengka mempunyai Minimarket yang jadi percontohan di tingkat Nasional. Sudah ratusan orang dari berbagai wilayah Indonesia datang langsung ke Majalengka. Mereka belajar tentang konsep minimarket yang berbasis pemberdayaan masyarakat, sosial, serta memajukan dan mempromosikan produk UMKM yang ada di Majalengka.

Saat ditemui Min.co.id, Rabu (6/3/2019) pengelola MajalengkaMart Asep Rachmat Effendi menjelaskan misalnya saja hari kemarin Selasa (5/3) ada rombongangan satu bus besar dari luar kota Majalengka untuk sharing dan belajar ke MajalengkaMart. Selain melihat langsung di MajalengkaMart mereka juga dapat pembekalan dari pengelola MajalengkaMart tentang konsep yang digagas MajalengkaMart.

Dirinya menerangkan, MajalengkaMart merupakan minimarket yang dimiliki oleh warga Majalengka yang tergabung dalam Forum Lembaga Keswadayaan Masyarakat (LKM) dan UPK yang ada di Kabupaten Majalengka. Majalengkamart ini hadir untuk meningkatkan ekonomi warga Majalengka.

“MajalengkaMart menyediakan berbagai produk lokal oleh-oleh khas Kabupaten Majalengka serta kebutuhan pokok lainnya. Produk oleh-oleh Kabupaten Majalengka tersebut berupa hasil kerajinan tangan serta berbagai produk olahan aneka makanan dan minuman. Produk tersebut merupakan hasil kreativitas dari Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM)/UKM yang ada di Kabupaten Majalengka, sehingga dengan adanya MajalengkaMart dapat membantu meningkatan ekonomi masyarakat yang ada di kabupaten Majalengka. Masyarakat atau UKM bisa menitipkan barangnya untuk di promosikan dan dijual di MajalengkaMart,” terangnya.

Kemudian Asep juga menjelaskan sebagian keuntungan dari MajalengkaMart di donasikan untuk warga kurang mampu di Majalengka, harapannya dengan adanya MajalengkaMart dapat memberikan kebaikan kepada warga Majalengka.      Dalam melayani  kebutuhan masyarakat  lainnya, MajalengkaMart akan menyediakan berbagai barang/produk kebutuhan pokok bagi masyarakat sehingga nanti masyarakat akan mendapatkan barang kebutuhan sehari-hari dengan harga yang murah. Dengan cara seperti ini mudah-mudahan kebutuhan pokok dapat di jangkau oleh masyarakat menengah kebawah.

“Saat ini MajalengkaMart baru mempunyai dua gerai yakni di Jalan Laswi (Tonjong) serta Jalan KH Abdul Halim ( Samping Fitra Hotel). Bagi Intansi, Dinas, Organisasi, Sekolah, Kampus kami juga menyediakan oleh-oleh yang dikemas dalam dus/parcel sehingga memudahkan untuk diberikan kepada tamu yang berkunjung ke lembaganya”

Dirinya menambahkan MajalengkaMart juga ikut mendampingi pelaku UMKM yang ada di Majalengka untuk menambah kualitas barangya ( teknik pengemasan dll), membantu untuk dapat PIRT, memfasilitasi untuk UMKM berkembang usahanya serta mempromosikan produk UMKM yang ada di Majalengka. Dirinya juga mengajak kepada masyarakat agar gemar belanja ke warung tetangga.

“Mudah-mudahan apa yang kita lakukan dapat bermanfaat bagi masyarakat Majalengka. Bagi orang diluar Majalengka silahkan main ke Majalengka untuk menikmati keindahan alamnya, selain itu juga cicipi makanan khas yang ada di Majalengka,” harap dirinya. (Ndra)

Komentar

News Feed