oleh

KKN-T/KNM IPB-UNMA Sukses Dongkrak Kesejahteraan Masyarakat Desa Sukamulya

Min.co.id-Majalengka-Dalam pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) / Kuliah Nyata Mahasiswa (KNM) Institut Pertanian Bogor (IPB) – Universitas Majalengka (UNMA) di Desa Sukamulya Kecamatan Kertajati Kabupaten Majalengka para Mahasiswa sangat menggebu dalam mengembangkan potensi desa tersebut, terutama untuk mendongkrak kesejahteraan Desa.

Hal ini diwujudkan melalui program yang mereka bawa. Program yang menyasar lima sektor krusial yang berdampak langsung terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat. Setiap sektornya pun terbagi lagi kedalam beberapa sub sektor.

“Kedatangan kami dengan lima sektor ini disambut baik oleh Kepala desa Sukamulya serta masyarakat di Sukamulya” kata Ketua KKN Fariz Zaenal Mustofa kepada jurnalis Min.co.id (Jum’at, 2/8/2019)

Lanjut dirinya, Kepala Desa Sukamulya sendiri menyatakan sangat mendukung program yang dibawakan serta berharap bisa saling bekerjasama.

“Dalam pelaksanaan KKN yang telah kami lakukan yakni Sektor pertama yaitu Ekonomi kreatif , difokuskan pada pembentukkan UMKM yang nantinya akan menghasilkan sebuah produk khas desa. Hal ini pun selaras dengan tema besar yang diusung dalam KKN di kecamatan Kerajati, terkait UMKM. Didapatkan Halis Geulis serta Opak Ketan Hitam yang menjadi produk khas untuk dipasarkan serala luas,” bebernya

Kedua, sektor pendidikan, sambungnya, Kesejahteraan pendidikan direalisasikan dengan dibentuknya Rumah Perubahan yang menggabungkan Pojok Literasi dan Jasa Pimpa didalamnya. Jadi ada perpustakaan untuk meningkatkan budaya literasi yang mulai pudar, lalu Jasa Pimpa sebagai media dalam pembelajaran interaktif demi membantu anak-anak dalam mata pelajaran sekolah.

“Ketiga, sektor lingkungan hidup. Sektor ini menitikberatkan pada sampah dan limbah yang cukup menjadi masalah desa. Untuk itu diadadakannya sosialisasi mengenai pengolahan limbah rumah tangga dan pertanian, serta pengadaan bak sampah,” terangya.

Selanjutnya, Sektor keempat terkait kesehatan. Dalam rangka menjaga kesehatan serta meningkatkan rasa kebersamaan, diadakan kegiatan Senam Sehat Ceria serta Jumat bersih bersama ibu-ibu sekitar.

“Terakhir, sektor publikasi yang menjadi supporting sector bagi sektor lainnya. Sektor ini diinisiasi untuk menampilkan profil serta seluruh kegiatan desa yang berlangsung, guna menginformasikan kepada khalayak luas dan memudahkan orang luar untuk mengakses informasi mengenai desa Sukamulya melalui sukamulyakertajati.com ,” pungkas Fariz (Ndra)

Komentar

News Feed