oleh

Kapolri Apresiasi Pelaksanaan Arus Mudik dan Balik Operasi Ketupat 2019

-News-13 views

Min.co.id-Jakarta-Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal H.M Tito Karnavian bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menggelar apel Konsolidasi Operasi Ketupat Jaya 2019 dan PAM Sidang Putusan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di MK.

Turut hadir Kemenkes Nila Moeloek, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Kakorlantas Polri Irjen Refdi Andri, Asops Kapolri Irjen Pol Martuani Sormin, Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono, Pangdam Jaya serta jajaran pejabat utama Mabes Polri dan TNI.

Kapolri mengapresiasi pelaksanaan Operasi Ketupat serta arus mudik dan balik Lebaran 2019 yang digelar sejak tanggal 29 Mei hingga 11 Juni 2019.

“Arus mudik saya kira sangat baik sekali, salah satu faktornya infrastruktur yang relatif lebih baik seperti tol trans Jawa, trans Sumatera meskipun ada yang fungsional dan juga kesiapan bandara, pelabuhan dan terminal.” kata Kapolri di Silang Monas Jakarta, Kamis (13/6/2019).

Faktor kedua tambah Kapolri adalah adanya rekayasa lalulintas diantaranya Contraflow dan One Way, serta waktu arus mudik yang relatif panjang sehingga tidak adanya puncak arus mudik.

“Arus balik memang sangat pendek, itu problemnya, lebih kurang tiga hari. Hari Jumat terjadi kepadatan di jalan propinsi dan kabupaten karena masih ada yang pulang kampung, sementara sudah ada yang balik ke Jakarta termasuk liburan ke tempat wisata.” ungkap Kapolri.

Dengan mekanisme rekayasa yang ada, Kapolri menilai tidak terjadi kepadatan yang sangat luar biasa, khusus jalan tol yang relatif lancar dibanding jalan-jalan propinsi yang terjadi beberapa kepadatan.

Menyinggung pengamanan pada Operasi Ketupat, Kapolri menyoroti 3 peristiwa yang menonjol yaitu teror bom Kertasura, konflik dua desa di Buton Sulawesi Tenggara dan peristiwa di dekat Bawaslu dan Menteng. Ketiganya kini dalam penanganan pihak kepolisian.(rls)

Komentar

News Feed