oleh

Kapolri Apresiasi Aksi 299 Tertib

-Tak Berkategori-63 views

Min.co.id, Jakarta: Massa aksi 299 sudah membubakan diri dari Gedung DPR, Senayan, Jakarta, sejak sekitar pukul 16.30 WIB.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengaku turut memantau aksi tersebut. Tito juga mengapresiasi massa aksi yang telah tertib dan damai dalam menyampaikan pendapat.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak,” kata Tito di Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat 29 September 2017.

Tito memperkirakan ada enam ribu orang dalam penyampaian pendapat tersebut. Dari ribuan orang tersebut, ada 20 perwakilan yang diterima perwakilan DPR. Aspirasi mereka pun didengarkan oleh perwakilan DPR.

Di balik aksi yang berlangsung kondusif ini, Tito berharap bisa dijadikan contoh untuk massa di daerah lain dalam proses penyampaian pendapat.

“Saya yakin ini membuat kita lebih dewasa,” pungkas Tito.

Sebelumnya, massa aksi 299 mengepung Gedung DPR. Mereka berasal dari Presidium 212, Persatuan Pekerja Muslim Indonesia, Front Pembela Islam, Persatuan Muslimin Indonesia, Laskar Banten, Aliansi Pergerakan Indonesia, dan ormas Islam lainnya.

Massa menyampaikan dua tuntutan kepada DPR. Mereka meminta para wakil rakyat menolak Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2017 tentang Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) dan melawan kebangkitan Partai Komunis Indonesia (PKI).

Aturan itu dinilai bukan cuma ditujukan untuk membubarkan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) saja. Tapi, regulasi itu dianggap menjadi senjata untuk membubarkan organisasi berbasis Islam di Indonesia.

Massa pun mempertanyakan sikap pemerintah yang keras terhadap HTI tetapi tidak kepada PKI.
sumber:metrotvnews

Komentar