oleh

Kakorlantas : Optimis Mudik Selamat Guyub Rukun Dapat Terwujud Sesuai Harapan

-News-13 views

Min.co.id-Jakarta-Dalam rangka untuk menjamin keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) angkutan jalan serta mengoptimalkan penggunaan dan pergerakkan lalu lintas pada beberapa ruas jalan tol dan jalan nasional pada masa angkutan lebaran tahun 2019, Harian Kompas dengan pengurus pusat pengkajian IPTEK PP Kagama bekerjasama dengan Kemenhub dan Jasa Marga menggelar forum diskusi teras bertemakan Mudik Selamat, Guyub Rukun, di Hotel Crowne Plaza, Setiabudi, Jakarta Selatan, Kamis (16/5/2019).

Kakorlantas Polri Irjen Pol Refdi Andri, yang turut diundang hadir menjadi pembicara dalam diskusi menyampaikan, segala kesiapan dan persiapan yang telah dilakukan hingga antisipasi prediksi peningkatan jumlah pemudik.

“Jumlah pemudik pada Lebaran tahun ini diperkirakan meningkat hingga 40 persen.” ucap Kakorlantas dalam diskusi.

Di samping itu, ia memprediksi pemudik yang menggunakan mobil pribadi akan naik mencapai 28,9 persen, melebihi pemudik yang menggunakan bus ekonomi sebesar 16,1 persen. Sementara itu, pemudik dengan bus eksekutif diperkirakan naik 13,9 persen, dan sepeda motor 6,3 persen.

Sementara itu, Kakorlantas juga menyebutkan bahwa sekitar 60 persen pemudik nantinya melakukan perjalan mudik menuju Pulau Jawa.

“60 persen pemudik mudik menuju Pulau Jawa. Kemudian yang menuju Sumatera 20 persen, sedangkan Indonesia bagian Tengah dan Timur 20 persen,” ujar Refdi.

Dalam mengantisipasi peningkatan pergerakan arus kendaraan, Kakorlantas menjelaskan hasil kesepakatan bersama tentang pemberlakuan sistem one way pada arus mudik maupun balik.

“kemudian ada satu kebijakan yang berbeda. kita bersama sudah menyepakati, bahwa pada saatnya nanti akan diberlakukan one way untuk arus mudik dan balik.” jelasnya.

Lanjut Kakorlantas, sistem one way akan diberlakukan di tanggal 30-31 Mei dan 1-2 Juni untuk arus mudik mulai KM 25 Cibitung, sampai KM 263 exit Brebes Barat. Sedangkan pada arus balik, akan diberlakukan tanggal 7,8,9 Juni mulai KM 189 Palimanan sampai KM 25 Cikampek Jakarta.

“kita juga sudah melakukan simulasi dengan perangkat dan unsur-unsur yang ada dikewilayahan. Seperti Ditlantas Polda Metro, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.” imbuhnya.

“untuk pengaturannya sendiri, kita akan berikan pemahaman pada masyarakat kita dengan semua fasilitas yang tersedia.” tambahnya.

Dalam diskusi turut pula hadir menjadi pembicara, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Dirjen Hubdar Budi Setiadi, Dirut Jasa Marga Desi Arryani, didampingi langsung Pimred Harian Kompas Ninuk Mardiani Pambudi, Ketua I Bidang Kajian Iptek PP Kagama Hariadi Himawan.

“kita optimis arus mudik-balik tahun ini berjalan sesuai harapan kita bersama. Apa yang sudah baik dalam penanganan mudik di tahun 2018 , harapan kita menjadi lebih baik lagi tahun ini. Yang pertama sarana prasarana lebih baik, informasi lebih awal, kemudian sosialisasi kebijakan pemerintah pada masyarakat, kemudian ruas jalan alternatif dalam keadaan baik, serta penambahan jumlah personel.” tutupnya.

Sementara diwaktu yang sama, Menhub Budi Karya mengucapkan terimakasih. “sekali lagi terimakasih, semoga mudik kali ini kita menjadi lebih baik, dan semua tersenyum sampai dikampung halaman.”(nt mc)

Komentar

News Feed