oleh

Hujan Dengan Intensitas Tinggi Sebabkan Kejadian Bencana Alam di Beberapa Titik

Min.co.id, Majalengka – Akibat hujan dengan intensitas tinggi pada Senin (8/4/2019) malam yang turun di Wilayah Majalengka dan sekitarnya menyebabkan pergerakan tanah, banjir dan longsor di beberapa titik di Wilayah Kabupaten Majalengka.

Dari pantauan Min.co.id pergerakan tanah masih terjadi di desa Mekarmulya Kecamatan Lemahsugih, sebagian warga mengungsi, mengosongkan rumah dan mengamankan perabotan rumah tangganya. Malam ini Pusdalops BPBD Majalengka disiagakan di wilayah tersebut untuk memantau pergerakan tanah serta membantu warga.

Selanjutnya di Desa Kasturi Kecamatan Cikijing terjadi Banjir yang menggenang permukiman warga dan jalan raya. Hal tersebut menyebabkan kemacetan di jalan raya Cikijing-Talaga di Desa Kasturi. Perumahan warga juga tergenang air dan beberapa warga ( orang yang sudah tua) di evakuasi dari rumahnya. Saat ini Pusdalops BPBD Majalengka sedang membantu warga disana.

Kemudian, akibat hujan dengan intensitas tinggi tersebut menyebabkan tanah longsor di Desa Sindangpanji Kecamatan Cikijing. Tanah longsor tersebut menimpa jalan Nasional yang menghubungkan Cikijing-Darma.

Untuk jalur Alternatif kendaraan Roda 4 kecil dan Roda dua bisa menggunakan jalur dari Kuningan ke Cikijing: Kuningan – Darma – Desa Parung – Desa Karanganyar – Desa Cipulus – Cikijing Majalengka (Ciamis)

Dari Cikijing ke Kuningan: Cikijing (dari Ciamis) – Desa Cipulus – Desa Karanganyar – Desa Parung – Darma – Kuningan. Untuk kendaraan besar : Bis, Fuso, Truck Besar Tidak Bisa Melintas. Saat ini pihak dari kepolisian mengatur arus lalu lintas .

Selain itu hujan dengan intensitas yang tinggi menyebabkan juga debit aliran sungai Cimanuk bertambah. Tercatat pada pukul 23.00 debit aliran sungai Cimanuk 813,837 meter kubik per detik. Dengan kondisi tersebut untuk wilayah Indramayu bersiap-siap menerima air dari hulu sungai Cimanuk. (Ndra)

Komentar

News Feed