oleh

Heru Tjahjono Akan Tampil Ramaikan Acara Tanjung Perak Jazz

Min.co.id-Surabaya-Sekretaris Daerah (Sekdaprov) Jatim, Heru Tjahjono akan tampil meramaikan acara Tanjung Perak Jazz yang akan digelar pada 10 Maret 2019 di The Central Mall Gunawangsa, Tidar, Surabaya. Bersama Cremona Jazz, Heru Tjahyono akan tampil bareng penyanyi jazz perempuan Syahrani. Tentu saja menarik karena sebagai seorang birokrat ternyata Heru Tjahyono juga vokalis jazz.

“Cremona Jazz ini saya dirikan sejak tahun 2000 silam, beranggotakan anak-anak musisi seangkatan saya yang menjadi juara festival jazz saat saya masih jadi Bupati Tulungagung,” kata Heru Tjahjono ditemui usai jumpa pers bersama Indah Kurnia di Surabaya, Jumat (1/3).

Kecintaan terhadap musik, kata Heru, terbangun sejak jaman SMA dan berlanjut saat kuliah hingga sekarang. “Cremona itu nama sebuah mata kuliah tentang teori menghitung konstruksi baja semester III dan saya tak lulus-lulus karena jarang masuk akibat main musik,” kenangnya.

Di Tanjung Perak Jazz nanti, Heru akan menyanyikan satu lagu dan bersama Cremona akan mengiringi Syahrani. “Saya berharap Tanjung Perak Jazz sukses dan mampu mengembalikan Surabaya sebagai kiblat musik di Indonesia,” pungkas dia.

Surabaya Entertainer Club (SEC) yang merupakan komunitas musisi dan penyanyi se Surabaya diketuai, Indah Kurnia berencana menggelar pagelaran Jazz sekaligus peringatan Hari Musik Nasional dengan nama Tanjung Perak Jazz (TPJ) pada 10 Maret 2019 di The Central Mall – Gunawangsa-Tidar Surabaya (Atrium LG dan Ballroom 2 Floor).

“Ada sekitar 100 musisi dan penyanyi jazz asal Surabaya yang turut meramaikan. Tanjung Perak Jazz (TPJ) sengaja kami pilih karena Musik Jazz pada awalnya dibawa oleh musisi Eropa ke Indonesia melalui Tanjung Perak Surabaya,” ujar Indah Kurnia yang juga anggota DPR RI Dapil Surabaya – Sidoarjo.

Menurut anggota DPR RI asal PDI Perjuangan, di Indonesia tidak kurang ada 99 pagelaran Jazz Festival. Diantaranya, Java Jazz Jakarta, Ngayogjazz Jogya, Jazz Ngisoringin Jogya, Loenpia Jazz Semarang, Kampoeng Jawi Jazz, Jombang, Banyuwangi Beach Jazz, Jazz Gunung Bromo, Lien Jazz, Bangkalan Jazz Madura, Ubud Jazz Bali, Ambon Jazz, Balikpapan Jazz, Makassar Jazz, Maumere Jazz, dan lain-lain.

Tanjung Perak Jazz untuk pertama kali digelar ini, kata Indah juga mendapat dukungan penuh dari Republik Jazz Indonesia. Bahkan musisi jazz Surabaya yang ada di berbagai negara siap hadir karena kecintaannya dengan Kota Pahlawan Surabaya. “Kegiatan ini juga menjadi ajang reunian musisi asli Surabaya, karena kami ingin musisi Surabaya jadi tuan rumah di rumahnya sendiri,” dalih Indah Kurnia.

Diantara musisi jazz Surabaya yang akan tampil adalah Jethro Chen (cucu dari Bubi Chen), drummer cilik, 6th memainkan Jazz Mainstream, dr Mik’n the Blues Project (pimpinan dr. Ario Djatmiko, Sp. B.Onk.), Cremona (pimpinan Heru Tjahjono Sekdaprov Jatim), Surabaya All Star, C two six, JFC, Yudi Barlean Korek Jazz, Jazz Centrum.

Sedangkan dari luar Surabaya, misalnya Dhanny Ugik Trio Malang, Kopuazz Kediri, Komunitas Jazz Jombang.Agoeng Prasetyo & Friends Jogyakarta. Dari Jakarta ada Idang Rasjidi, Mus Mujiono, Nita Aartsen, Syaharani, Barry Likumahua, Ivan Saba & Friends. Lalu dari Bali ada Marina dan masih banyak lagi.

Ditambahkan Indah Kurnia, TPJ juga menggelar festival lagu Tanjung Perak dengan berbagai genre. Para juara nantinya juga akan ditampilkan di puncak TPJ. “Kami juga telah menggelar coaching clinic dan Road Show yang bertajuk Jazz’in Kampus, di enam Kampus Surabaya yaitu : UNAIR, ITS, UBAY, UK.PETRA, Universitas Khatolik Widya Mandala (UKWM), dan UNESA,” imbuhnya. (pca/p)

Komentar

News Feed