oleh

Harga Cabe Rawit Rp. 4.000, Petani Menjerit

-News-112 views
Penampakan cabe rawit yang membuat petani menjerit.

Min.co.id-Majalengka – Harga cabe rawit turun drastis membuat para petani cabe merugi, itulah resiko para petani yang selalu mengadukan nasibnya terhadap pasar seperti sekarang ini harga cabe rawit turun.

Min.co.id mencoba turun ke lapangan untuk memastikan keluhan para petani cabe yang sekarang sedang panen di Desa Anggrawati Kecamatan Maja, Majalengka pada hari Minggu (6/1).

Hasil pantauan memang benar di tingkat petani ada penurunan harga yang sangat merugikan petani, seperti dialami Surya (54) bahwa sekarang harga cabe rawit miliknya diterima oleh bandar langganannya hanya Rp. 4000 sampai 5.000 saja ungkapnya.

Padahal masih menurut Surya sekarang harga upah pemetik cabe sudah Rp. 40.000 plus makanan bisa jadi Rp. 50.000 / orangnya dan rata-rata pemetik paling banyak memetik sehari kerja cuma 10 kg jadi gak ada sisanya kata Surya.

Sementara menurut pengepul harga cabe rawit datang dari pengepul pusat, tidak tentu harganya karena masih mengacu ke harga pusat yaitu Jakarta jadi ada panen raya di daerah Jawa yang memicu jatuhnya harga dan tidak bisa membeli dengan harga dan jumlah lebih karena cabe rawit tidak bisa disimpan lama cepat busuk dari pada rugi sayapun langsung mengirimnya ke Jakarta walau harga lagi murah katanya. (topik)

Komentar

News Feed