oleh

H. Supendi Meninjau Lokasi Terdampak Luapan Cimanuk

Min.co.id, Indramayu – Bupati Indramayu H. Supendi langsung meninjau desa-desa di dua kecamatan yang terkena banjir akibat meningkatnya debit air di sungai Cimanuk Kab. Indramayu, Senin (08/04/2019) siang.

Banjir yang melanda Kecamatan Indramayu dan Sindang ini disebabkan oleh meluapnya air di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Cimanuk, karena debit air dari bendungan Rentang Jatitujuh volumenya cukup besar.

Seperti penuturan warga setempat, kejadian banjir terjadi sejak pukul 03:00 WIB dini hari dan langsung merendam ratusan rumah warga di sepanjang tanggul Sungai Cimanuk, debit air terus meningkat.

Akibat meluapnya sungai Cimanuk ini, berberapa desa di Kecamatan Indramayu dan Sindang seperti Desa Telukagung, Dukuh, Plumbon, Terusan, Babadan, dan Penganjang mengalami genangan air sampai dengan ketinggian air bervariasi antara 50 cm – 1 meter.

Saat meninjau kondisi desa-desa yang terkena banjir, Bupati Indramayu H. Supendi meminta warga agar waspada terhadap meningkatnya debit air Cimanuk, namun tetap dalam kondisi tenang.

Bupati H. Supendi mengatakan, saat ini Pemkab Indramayu sudah menyiapkan 1 alat berat untuk mengantisipasi jebolnya tanggul sungai Cimanuk, dan mendirikan dapur umum.

Setelah meninjau secara langsung lokasi terdampak banjir, Bupati Indramayu bersama forum koordinasi pimpinan daerah mendatangi pengelola Bendungan Rentang untuk meminta menurunkan debit air yang disalurkan ke Kabupaten Indramayu, agar banjir tidak meluas. (Aa Deni/Red)

Komentar

News Feed