oleh

Evaluasi Lanjutan Terkait Intergrasi Pendidikan Lalulintas Wilayah Provinisi Jawabarat

Min.co.id-Bandung-Selasa (20/8/2019) bertempat di aula Bapeda Prov. Jabar Bandung telah dilaksanakan kegiatan lanjutan acara Evaluasi Diseminasi model pengintegrasian pendidikan lalu lintas pada Pelajaran PPKN bersama Disdik Kota dan Kabupaten se-Jabar. Acara dibuka oleh Dir Lantas Polda Jabar Kombes Pol. Mohamad Aris S.H., S.I.K., M.S.I. dan sebagai pelaksana yaitu Kompol Maria Horet Hera, S.H. (Kasubdit Kamsel) didampingi oleh Para Kasi, Kanit, BA dan ASN Subdit Kamsel Dit Lantas Polda Jabar.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol. Trunoyudo Wisnu Andiko, S.I.K. pada acara tersebut undangan yang hadir yaitu Kadisdik Prov. Jabar, Ketua LPMP, Pejabat Dit Lantas Pokda Jabar. Para peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut yaitu Kepala Cabang Dinas Pendidikan wilayah 1 s.d 13 se-Jabar, Para Kadisdik Kota dan Kabupaten se-Jabar serta Para Kanit Dikyasa dan Bamin Polres/Ta/Tabes Jajaran Polda Jabar dengan jumlah Peserta sekitar 100 orang.

Bertindak sebagai Narasumber adalah
– DR.Arnie Fadjar, M.Pd ( Ditjen Dikdasmen Kemendikbud RI)

-Drs. H.Arief Achmad, Map, M.Pd (Tim Pengembang Kurikulum Disdik Prov. Jabar).

Disdik Provinsi Jabar bahwa Melalui Pendidikan proses perubahan sikap mental akan terjadi pada diri seseorang dan dengan perubahan tersebut diharapkan generasi muda secara sadar mampu menerapkan sikap dan perilaku disiplin, etika dan budaya lalu lintas yang aman, selamat, tertib dan lancar, disamping itu Integrasi Pendidikan lalu lintas pada pelajaran PPKN mulai tingkat SD, SMP, SMA ditekankan pada pembentukan sikap dan perilaku tanpa mengabaikan pengetahuan dan keterampilan serta mengembangkan keteladanan dalam berlalu lintas.

Evaluasi diseminasi dari Narasumber Kemendikbud RI yaitu :
a. Dasar Regulasi untuk memperkuat Pendidikan Lalu lintas (PLL) dengan adanya kerjasama :
– MOU Kapolri dengan Kemendikbud RI (sudah dilaksanakan)
– MOU Kapolda dengan Disdik Provinsi (sudah dilaksanakan)
– MOU Kapolres dengan Disdik Kota dan Kabupaten (silakan ditindaklanjuti)
b. Modul buku PLL yang sdh ada akan terus diperbaharui dengan buku yang berisi infografis supaya lebih menarik.
c. Model Pengintegrasian PLL sdh bisa dipraktekkan dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) oleh Guru PPKN di sekolah.
d. Untuk evaluasi berlanjut para Kadisdik kerjasama dengan Kanit Dikyasa masing-masing polres utk mengisi Format Rencana Tindak Lanjut (RTL) Program Implementasi Pendidikan Lalu lintas (PLL) pada masing-masing wilayah.(humaspoldajabar)

Komentar

News Feed