oleh

Dinas Kesehatan Surabaya Gandeng Ormas Keagamaan Sosialisasikan Tuberculosis

Min.co.id-Surabaya-Dinas Kesehatan Kota Surabaya menggandeng beberapa organisasi massa keagamaan dan sosial melakukan pembagian masker dan sosialisasi dalam acara memperingati Hari Tuberculosis (TB) Se-Dunia tanggal 24 Maret. Diantara ormas yang terlibat antara lain PKK dan Community TB HIV Care Aisyiyah Kota Surabaya.

Masker dibagikan kepada pejalan kaki dan pengendara kendaraan dibeberapa ruas jalan di wilayah Surabaya Selatan, diantaranya Kecamatan Jambangan. Para pelintas jalan selain diberi masker dan sosialisasi juga mendapat bingkisan kue dan air mineral, narasi sosialisasi TB. Sosialisasi diantaranya berisikan anjuran, antara lain “Jika Batuk Harap Mulut Ditutup”, “Jangan Meludah di Sembarangan Tempat”.

Dari beberapa orang yang mendapatkan sosialisasi ini tidak mengetahui tanggal 24 Maret Hari TB. Se-Dunia dan tentang pemakaian masker yang benar bagi orang yang sehat yaitu warna putih di bagian luar depan yang menutupi mulut dan hidung, sedangkan kain masker yang berwarna ada dibagian dalam atau belakang.

Salah satu relawan, Tuki Hartati menjelaskan, ancaman penyakit TB ini sudah menyasar kepada semua usia, maka pentingnya diingatkan untuk melakukan pencegahan bagi yang sehat dan juga bagi penderita TB.

Agar tidak menular dengan cara yang mudah dan murah yaitu menggunakan masker makanya dalam memperingati Hari TB Se-Dunia ini dilakukan pembagian masker. Kegiatan ini juga bentuk kegiatan untuk menjaga kesehatan secara umum.

“Jika batuk berkelanjutan segera periksa ke Puskesmas, dan pakailah masker bagi yang sehat saat berada di tempat yang rawan penularan dan yang sakit sangat dianjurkan pakai masker agar tidak menular,” terang Tuki sambil membagikan masker bersama relawan lainnya. (pno)

Komentar

News Feed