oleh

Debit Air Menurun Waduk Cipancuh Berhenti Aliri Sawah Petani

-News-61 views

Min.co.id, Indramayu – Musim kemarau yang berkepanjangan, mengakibatkan waduk Cipancuh Desa Situraja Kecamatan Gantar di Kabupaten Indramayu, Seluas 700 Hektar mengalami kekeringan. Akibatnya, waduk ini tidak dapat beroperasi mengaliri air menuju sawah.

“Debit air di waduk yang menyurut tidak bisa lagi digunakan untuk mengairi sawah milik petani. Makanya, operasional waduk untuk pengairan sawah kami hentikan,” kata Pengawas Waduk Cipancuh Ito Sumarto memberikan keterangan melalui pesan WhatsApp pada Senin (10/06/2019).

Ito mengatakan, debit air waduk Cipancuh sudah menurun drastis di karnakan tidak ada turunnya Hujan.

“Debit air di waduk Cipancuh pada saat ini Berkisar 1,8 juta m3. Kalo dalam hitungan untuk mengaliri air ke 3000 hektar sawah lebih yang ada di empat Kecamatan, yakni Kecamatan Haurgeulis, Gantar, Kroya dan Anjatan. Itu berarti air dapat digunakan untuk mengaliri sekitar 10 hari lagi”.

Pihaknya terpaksa menghentikan operasional waduk. Sebab, apabila dipaksakan beroperasi maka mengakibatkan konstruksi waduk rusak. Operasional waduk baru bisa kembali dijalankan apabila musim penghujan tiba. (Alen)

Komentar

News Feed