oleh

7 Makanan Pengganti Nasi

Min.co.id-Jakarta-Nasi dikenal sebagai makanan utama karena mengandung karbohidrat yang mudah diubah menjadi energi untuk tubuh. Namun jika ingin diet karbohidrat dengan mengurangi konsumsi nasi, maka butuh makanan pengganti nasi agar tetap bisa mengisi perut namun tetap bisa diet sehat.

Ada banyak makanan pengganti nasi yang lebih sehat dilasir dari Mealpreponfleek.com, ini sekian makanan yang bisa menggantikan nasi.

1. Kembang kol

Sayuran dengan warna putih ini bukan hanya rendah karbohidrat dan kalori, namun sangat baik memenuhi nutrisi penting tubuh. Karena kandungan seratnya yang tinggi, kembang kol cocok dijadikan makanan pengganti nasi.

2. Brokoli

Masih satu keluarga dengan kembang kol, brokoli juga punya serat tinggi yang mengenyangkan. Brokoli bahkan punya lebih banyak kandungan nutrisi, antioksidan dan bahkan asam folat dan zat besi.

3. Kacang merah

Kacang merah bukan hanya tinggi serat makanan sehingga menjaga perut kenyang tahan lama, namun juga melancarkan pencernaan, menjaga kadar gula darah, kolesterol dan kesehatan jantung.

4. Quinoa

Baik quinoa putih maupun merah, sama-sama tinggi serat sehingga mengenyangkan. Quinoa juga tinggi protein, sangat baik dijadikan pengganti nasi karena mengandung asam amino esensial dan gluten-free.

5. Jagung

Jagung yang sudah dihaluskan menjadi nasi jagung sangat baik memenuhi kebutuhan serat meski sebenarnya masih tinggi kalori. Namun dibanding nasi, jagung masih lebih rendah kalori karena rendah gula.

6. Wortel

Wortel bisa dicincang sehingga mirip nasi. Kandungan serat dan vitaminnya tinggi sehingga lebih sehat dan cocok untuk diet. Wortel juga mudah didapatkan dan mudah dimasak apa saja.

7. Kentang

Kentang merupakan makanan yang paling umum jadi pengganti nasi karena kandungannya paling mirip nasi, namun dengan kadar gula yang lebih rendah. Karbohidrat kentang mudah diolah dan diubah jadi energi oleh tubuh.

Nah, itu dia sekian makanan pengganti nasi yang sehat dan cocok jika dijadikan menu diet setiap hari karena dijamin tinggi nutrisi.(red)

Komentar

News Feed