oleh

5 Ramuan Kunyit yang Punya Banyak Manfaat Untuk Kesehatan

Min.co.id-Jakarta-Kunyit adalah rempah yang memiliki banyak manfaat. Di balik cita rasa serta aroma yang unik, kunyit punya beberapa manfaat sebagai penunjang kesehatan. Tentunya dengan warna yang khas, yakni oranye.

Dilansir dari NDTV, Kamis (11/7), ada banyak manfaat kunyit bagi kesehatan. Diantaranya, komponen utama kunyit yaitu curcumin memicu produksi empedu, yang selanjutnya meningkatkan kesehatan pencernaan. Meningkatnya sekresi jus empedu membantu memperlancar pencernaan melalui saluran. Selain itu dikenal juga untuk mengurangi gejala kembung dan gas.

Kunyit juga mengobati berbagai macam luka dan infeksi. Berkat sifat antiseptik dan anti-bakteri, kunyit menjadi solusi yang efektif untuk menyembuhkan masalah tersebut. Jika mengalami luka bakar atau luka, coba taburkan sedikit kunyit atau minum susu kunyit.

Bisa juga meningkatkan kekebalan tubuh karena adanya Lipopolysaccharide. Ini adalah zat yang ditemukan dalam kunyit yang memiliki agen anti-bakteri, anti-virus dan anti-jamur yang merangsang sistem kekebalan tubuh manusia.

Bahkan, menurut berbagai penelitian medis, kurkumin yang ada dalam kunyit membantu memperbaiki sel-sel batang otak, sel-sel induk yang sama yang dapat membantu dalam pemulihan dari penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer atau stroke.

Nah, tak hanya direbus atau dibuat susu, kunyit juga bisa diolah menjadi resep lezat untuk diambil manfaatnya. Cobalah!

1. Susu Kunyit

Kunyit segar ditambahkan ke dalam susu, lalu rebus tambahkan dengan sedikit gula atau madu dan dibekukan dalam cetakan. Atau minum hangat.

Susu campur kunyit. (Medical News Today)

2. Teh Detox

Secangkir teh kunyit detoks panas yang ditambah jahe dan madu adalah pilihan terbaik untuk disiapkan di rumah.

3. Kari Kunyit

Kari oriental yang menggiurkan bisa disajikan dengan nasi putih, kari kuning hangat dengan sayuran adalah kari yang dibuat dengan kunyit mentah, lengkuas, jahe, serai, cabai yang memberikan banyak khasiat.

4. Minuman Detoks Kunyit

Minuman detoks yang dapat dinikmati setiap hari adalah wortel, jeruk, kunyit dan jahe dijus bersama dengan ditambah jus lemon, disaring dan disajikan dingin.

5. Minuman Kunyit Anti Penuaan

Minuman ini terdiri dari pisang, nanas, kayu manis, biji rami, jahe dan kunyit. Minuman ini enak dicampur dengan sedikit santan dan disajikan dingin.

(jawapost)

Komentar

News Feed