oleh

Kecamatan Bongas Sosialisasi Program Bekerja TOT

-News-213 views

Min.co.id, Indramayu – Pusat Pengembangan dan Peternakan (Puslitbangnak) Kabupaten Indramayu , menggelar Training of Trainers (TOT) Program Bekerja di Aula Kantor Kecamatan Bongas, Kabupaten Indramayu, Selasa (30/4/2019).

Kegiatan dibuka oleh Camat Iing Kuswara, S. S.Tp. dihadiri pula oleh Kepala Puslitbangnak Dr. Eko Hardi Wirawan yang mewakili, Doktor Ike Sartika dari Balai Penelitian Ternak, (Kadisnak) Doktor Suhardono. Mu.Sc.dan dari delapan Kepala Desa/Kuwu se-Kecamatan Bongas penerima bantuan Program Bekerja, PPL Kec. Bongas, TKSK dan para pendamping desa.

Dalam sambutannya, Camat Bongas Iing Kuswara menyatakan rasa syukurnya bahwa Kecamatan Bongas menjadi salah satu penerima bantuan Program Bekerja di Indramayu . “Dari 31 Kecamatan yang ada di Kab. Indramayu.

Program kali ini ada tiga Kecamatan yang mendapatkan Program Bekerja, yaitu Kecamatan Haurgeulis, Anjatan dan salah satunya Kecamatan Bongas, ini kita patut bersyukur ujarnya.

Lanjut Camat Bongas Iing Kuswara pun berharap, dengan adanya Program Bekerja ini kesejahteraan masyarakat Bongas dapat meningkat, serta kepada para pendamping diharapkan keikhlasannya agar dapat terus menjadi pendamping walaupun program sudah selesai karena ini sasarannya Rumah Tangga Miskin (RTM) dan bantuan hanya diberikan untuk empat bulan.

Pada kesempatan yang sama, Doktor Suhardono, dari Balai Penelitian Ternak, menyampaikan agar program ini dimanfaatkan dan dijaga dengan baik di mana keberhasilan dari program ini menjadi pertimbangan dinas untuk memberikan bantuan kedepannya. Ia pun berharap para peserta yang hadir dapat bertanya dan menyerap ilmu sedalam-dalamnya dari para narasumber yang hadir pada TOT kali ini.

Sementara itu, Kapuslitbangnak dalam arahannya menyampaikan bahwa para pendamping desa Program Bekerja ini menjadi agen perubahan kesejahteraan, khususnya di Kec. Bongas dan mengharapkan dukungan yang solid dari jajaran terkait agar program ini berjalan dengan baik. Selanjutnya, Kapuslitbangnak menyampaikan materi sosialisasi Program Bekerja kepada peserta TOT.

Materi lain yang disampaikan pada TOT di Kec. Bongas ini adalah “Budidaya Ayam Kampung Unggul Balitbangtan (Ayam KUB)” dan “Penanganan Kesehatan Hewan dalam Pemeliharaan Ayam KUB” oleh Dr. Suhardono . Selain itu dilakukan pula koordinasi pelaksanaan Bimtek RTM penerima bantuan Program Bekerja yang dilaksanakan pada Tanggal 30 Maret 2019 di delapan desa lingkup Kecamatan Bongas.

Program Bekerja tahun 2019 ini merupakan program lanjutan dari tahun 2018 yang digulirkan Menteri Pertanian pada Juni 2018 lalu. Bantuan ini memberikan kepada setiap RTM sebanyak 50 ekor ayam, sarana prasarana pemeliharaan ayam seperti kandang, tempat makan dan minum, serta pakan, untuk Kab. Indramayu. (Alen)

Komentar

News Feed