oleh

Berusia 100 Tahun, Satpol PP Jatim Mendukung Damkar Menjadi OPD

-News-433 views

Min.co.id, Madiun – Di usia yang sudah 100 tahun, institusi Pemadam Kebakaran (Damkar) yang berdiri pada 1 Maret 1919 sudah saatnya secara kelembagaan menjadi Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Karena itu, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) mendukung rencana Damkar menjadi OPD tersendiri.

Selama ini, nomenklatur Damkar bergabung dengan Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten/Kota. Pembentukan OPD Damkar di Kabupaten Kota sesuai dengan hasil rapat kerja nasional Damkar yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri RI beberapa waktu lalu.

Kepala Satpol PP Prov. Jatim, Budi Santoso mengatakan, pihaknya mendukung institusi Damkar di Kabupaten Kota menjadi OPD tersendiri, sehingga lebih bisa maksimal dan efektif dalam melaksanakan tugas sesuai dengan tugas pokok dan fungsi.

Menurutnya, dari sisi sumber daya manusia juga harus disiapkan dan diisi oleh personil yang sesuai dengan kompetensi di bidang pemadaman kebakaran. Selama ini, di Jatim baru ada tiga OPD Damkar yaitu Dinas Damkar Kota Surabaya, Kota Batu dan Kabupaten Bojonegoro.

“Satpol PP Prov. Jatim mendukung Damkar menjadi OPD terlepas dari Pol PP, karena kompetensi yang diajarkan berbeda dengan Pol PP. Personil Damkar harus cepat tanggap dan cerdas dalam melaksanakan tugas penanganan bencana kebakaran dan personil Damkar di daerah menunggu pembentukan OPD,” terang Budi Santoso di sela-sela Upacara Peringatan HUT Damkar, Satpol PP dan Perlindungan Masyarakat (Linmas) Provinsi Jatim 2019 di Alun-alun Rekso Gati Caruban Madiun, Kamis (28/03/2019).

Personil Damkar ini mempunyai keahlian khusus dan harus didukung peralatan yang memadai seperti mobil Damkar dan alat pemadam kebakaran. Saat ini fasilitasi dari Satpol PP Prov. Jatim yang dilakukan berupa pembinaan kepada anggota Damkar pada Satpol PP Kabupaten Kota, sedangkan khusus bagi OPD dilakukan sosialisasi dan pelatihan pemadaman kebakaran serta evakuasi jika terjadi kebakaran dan juga pelatihan penggunaan alat pemadam kebakaran ringan (apar).

Menanggapi hal itu, Kepala Bidang Damkar Satpol PP Kabupaten Tulungagung, Rakidi berharap melalui peringatan HUT Ke 100 tahun, nomenklatur OPD Damkar di Kabupaten Kota bisa berdiri, agar keberadannya bisa bertugas secara maksimal sesuai tupoksi berdasarkan standar operasional prosedur bagi petugas Damkar sekaligus juga peningkatan kesejahteraan bagi aparat personil Damkar.

Sumber : Kominfo Jatim

Komentar

News Feed