oleh

Terapkan Pemahaman Digital, Pemilihan Ketua OSIS SMAN 1 Haurgeulis Gunakan E-voting

-Tekno-79 views

Min.co.id, Indramayu – Pemilihan calon ketua dan wakil ketua OSIS SMAN 1 Haurgeulis Tahun 2019-2020 dilaksanakan secara online, kegiatan dilakukan di Ruangan Lab. Komputer SMAN 1 Haurgeulis Kabupaten Indramayu, Jum’at (25/10/19).

Kepala SMAN 1 Haurgeulis Ambar Triwidodo, S.Pd menyampaikan agar siswa dapat memahami pemilihan Ketua OSIS SMAN 1 Haurgeulis secara online.

“Saya harapkan siswa-siswi SMAN 1 dapat memahami pemilihan berbasis online, ini menjadi bekal siswa-siswi SMAN 1 Haurgeulis di masa yang akan datang”, ujarnya.

Lanjut Ambar, bahwa kelebihan yang dimiliki e-voting yakni pertama layanan tersebut menggunakan perangkat elektronik untuk memberikan suara. Sementara sistem pemilihan konvensional menggunakan kertas surat suara, disini kita sudah melakukan penghematan kertas.

“Kedua, e-voting dapat menghitung dan mencetak struk audit. Sementara sistem konvensional mengandalkan perhitungan manual. Ketiga, e-voting mampu melakukan pengiriman langsung dari perangkat komputer tempat pemilihan ke komputer server. Adapun sistem konvensional, pengiriman dilakukan secara fisik dan berjenjang waktu”, ujarnya.

“e-voting diklaim dapat menghitung hasil dengan cepat dan akurat karena menggunakan perangkat elektronik, sementara manual relatif lebih lama. Sistem e-voting juga memiliki keunggulan lainnya antara lain, akurasi dan online. Sistim ini diharapkan dapat meminimalisir kesalahan dan mendeteksi jika ditemukan rekayasa suara dan Golput”.

Sebelumnya, panitia pemilihan OSIS SMAN 1 Haurgeulis melakukan seleksi calon ketua dan wakil ketua OSIS. Setelah didapatkan 3 pasangan calon yang memenuhi kriteria.

Terpilih 3 Pasangan calon ketua dan wakil ketua OSIS, yaitu :

1. Sidik Ullul Albab & Windisri Wahyuni
2. Indra Galuh S & Reza Rickyullah
3. Andy Darusalam & Dhea Sylvia Ekha Tom

Setelah masa kampanye, para calon melakukan debat di depan para siswa dan guru SMAN 1 Haurgeulis sekaligus menyampaikan visi misinya. Usai debat dan penyampaian visi misi, seluruh siswa SMAN 1 Haurgeulis melakukan e-voting pemilihan calon ketua dan wakil ketua OSIS 2019-2020. Sampai berita ini di turunkan e-voting pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS masih berjalan dan belum mendapatkan hasil pemilihan. (Alen)

Komentar

News Feed