oleh

Satgas Saber Pungli : Temukan Praktik Pungli UNBK di SMPN 3 Ngamprah-Bandung Barat

-News-117 views

Min.co.id-Bandungbarat-Satgas Saber Pungli Jawa Barat menemukan adanya praktik pungutan liar (pungli) di SMPN 3 Ngamprah Kabupaten Bandung Barat. Pungli dilakukan terkait kegiatan pemantapan dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di sekolah tersebut.

Kepala Tim Tindak Unit II Satgas Saber Pungli Jabar AKBP Basman menuturkan pihaknya menerima laporan dari orang tua murid yang merasa dirugikan atas adanya pungutan tersebut. Tim bergerak dan menemukan fakta adanya praktik pungli tersebut.

“Setalah dilakukan penyelidikan ke sekolah, bahwa pihak SMPN 3 Ngamprah membenarkan adanya pungutan uang UNBK dan pemantapan,” ucap Basman via pesan singkat, Jumat (21/6/2019).

Basman menuturkan uang yang dipungut dari masing-masing siswa yakni untuk UNBK sebesar Rp 150 ribu sementara untuk pungutan pemantapan sebesar Rp 385 ribu. Menurut Basman, dari 283 orang siswa kelas 9, sudah ada 272 siswa yang membayar.

Dari praktik pungli ini, sambung Basman, uang yang terkumpul mencapai puluhan juta. Dari UNBK misalnya dana yang terkumpul mencapai Rp 40 juta lebih sementara dari pungli pemantapan mencapai Rp 80 juta lebih.

“Sebagian sudah digunakan sehingga total yang belum digunakan dan jadi barang bukti ialah Rp 30.143.500,” kata Basman.

Basman menuturkan permintaan pungutan ini merupakan kebijakan dan inisiatif dari kepala sekolah SMPN 3 Ngamprah berinisial M dan ketua komite sekolah berinisial AA. Keduanya sudah dilimpahkan ke UPP Saber Pungli Kabupaten Bandung Barat untuk ditindaklanjuti.

Menurut Basman, perbuatan itu dianggap melanggar Permendikbud 75 tahun 2016 tentang prosedur dan pengelolaan uang sumbangan dan Permendikbud No 60 tahun 2011 tentang larangan pungutan biaya pendidikan pada sekolah dasar dan sekolah menengah pertama.(red)

Komentar

News Feed