Kawin Batu, Filosofi Mendekatkan Kekeluargaan yang Kokoh Adat Desa Girimukti

Min.co.id, Majalengka – Prosesi kawin batu merupakan kegiatan yang sudah berlangsung tiap tahun menjadi agenda wisata untuk taman wisata Gunung Tilu Desa Girimukti Kecamatan Kasokandel Majalengka yang selalu menyedot perhatian para warga, seniman dan budayawan juga pemerhati sejarah, Selasa (11/12).

Acara kawin batu di Desa Girimukti merupakan kegiatan untuk memaknai bahwa batu tidak bisa di buat oleh manusia, jadi jangan sampai manusia ada rasa semua bisa padahal batu adalah salah satu pendukung pembangunan.

Kepala Desa Girimukti Nono Karsono mendukung penuh acara yang positif bagi pengembangan pariwisata didaerahnya, dimana festival kawin batu agar bisa jadi event tahunan. Filosofi dari kawin batu sendiri adalah bertujuan untuk mendekatkan kekeluargaan yang terasa sudah menjauh biar dekat kembali bersatu kembali karena bila disatukan elemen batu ini apalagi di campur pasir dan semen akan menjadi kekuatan yang luar biasa kata Nono.

Ketua Pelaksana festival kawin batu Baron Famousa sebagai ketua komunitas Kirik nguyuh mengucapkan selamat datang dan berterima kasih kepada para tamu undangan diantaranya Muspika Kecamatan Kasokandel juga para komunitas dan warga masyarakat yang sudah hadir pada acara ini dan atas dukungan juga motifasinya semoga ini menjadi daya tarik wisata baru di desa Girimukti karena semata-mata untuk mengangkat pariwisata ungkap Baron. (topik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *