oleh

Peringati Hari HIV/AIDS Se-Dunia, Bupati Soroti Peningkatan Penderita di Majalengka

-News-14 views

Min.co.id-Majalengka – Untuk memperingati hari HIV/AIDS sedunia Pemerintah Kabupaten Majalengka menggelar talkshow pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS
dengan mengusung Tema “Saya Berani Sehat, Ada Obat Ada Jalan”. Acara tersebut diikuti kurang lebih 150 orang peserta, bertempat di Gedung Graha Sindangkasih Jalan KH. Abdul Halim Kelurahan Majalengka Wetan Kecamatan Majalengka Kabupaten Majalengka, Sabtu (07/12).

Turut hadir dalam Kegiatan tersebut
Bupati Majalengka Dr. H. Karna Sobahi, M.M.Pd, Dandim 0617/Majalengka Letkol Arm. Novi Herdian, Kapolsek Majalengka Kota AKP Kustadi, Danlanud S. Sukani Letkol PNb. Arnold F Sitorus, Kejari Majalengka diwakili Agus Sanjaya, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka H. Alimudin, Jajaran Kepala OPD, Camat, Kepala Puskesmas, Kepala Sekolah SLTA Se-Kabupaten Majalengka, dan tamu undangan lainnya.

Bupati Majalengka H. Karna Sobahi menyebutkan, hari AIDS diperingati untuk menumbuhkan kesadaran terhadap wabah AIDS di seluruh dunia yang disebabkan oleh penyebaran virus HIV.

Di Kabupaten Majalengka, setiap tahun jumlah penderita HIV/AIDS terus bertambah.

“Kegiatan hari AIDS ini kita mencermati kondisi dan fakta penderita HIV/AIDS yang ada Kabupaten Majalengka. Kita sangat prihatin dan kita harus bisa melakukan perbaikan sekaligus pembenahan serta kesiapan kita dalam menghadapi permasalahan ini,” paparnya.

Menurutnya, Bagi penderita HIV/ AIDS ini jangan dijauhi orangnya, akan tetapi jauhi penyakitnya. Karena korban HIV/AIDS bisa diobati secara kontinyu, dengan membenahi pola pikir dan pola kerjanya.

“Pada tahun 2017 lalu jumlah penderita 320 orang dan di tahun 2018 sampai dengan september ada 58 orang dan ini merupakan kenaikan yang signifikan,” jelasnya.

Karna berharap, Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka harus memetakan penderita HIV, dan mendata setiap kecamatan serta segera dibentuk Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) guna pengawasan untuk menindak lanjuti penularan dan pencegahan HIV/AIDS di Kabupaten Majalengka.

“Sampai saat ini ada 30 Penderita HIV/AIDS yang masih berobat secara kontinyu. Harapan kami kepada para kepala Puskesmas dari tiap Kecamatan harus segera memfasilitasi para penderita HIV/AIDS untuk melakukan pengobatan,” pungkasnya. (topik)

Komentar

News Feed