DPRD Jatim : Mulai Juli 2019 SPP SMA/SMK di Jatim Gratis

Jatim-Komisi E Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Timur menyatakan bahwa mulai 2019 Pemerintah Provinsi Jatim akan menggratiskan uang Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) bagi SMA/SMK.

“Mulai Juli 2019, program sekolah gratis itu mulai diberlakukan. Dan  anggaran yang dialokasikan sekitar sebesar Rp 900 miliar di APBD 2019,” tegas Ketua Komisi E DPRD Jatim, Hartoyo ditemui usai serap aspirasi (reses) di wilayah Asem Jaya Surabaya, Kamis (15/11).

Dijelaskan Hartoyo, program sekolah gratis diberlakukan bagi seluruh SMK/SMA negeri dan swasta yang ada di Jawa Timur. Dengan kebijakan itu, diharapkan  warga miskin bisa mendapatkan keadilan dalam bidang pendidikan. “Jadi nanti tidak ada lagi ceritanya masyarakat miskin tidak bisa sekolah. Program sekolah gratis ini diberlakukan bagi seluruh sekolah negeri dan swasta,”ujar Hartoyo.

Selain itu pihaknya juga menyampaikan, Pemprov Jatim juga akan memberikan bantuan seragam kepada seluruh siswa SMK/SMA. Karena itu, dia meminta agar pendataan segera diberikan, agar pada April 2019, seragam baru itu bisa didistribusikan. “Kalau untuk sekolah yang seragamnya berbeda seperti muhammadiyah maka harus ada pendataan lebih awal,” ujarnya.

Terkait dengan GTT/PTT, ia mengatakan masalah GTT/PTT sudah selesai dan clear. Dimana Pemprov sudah menganggarkan di APBD 2019 yaitu sebanyak 21 Ribu GTT/PTT. Bahkan untuk guru PAUD juga akan mendapatkan bantuan dari pemprov Jatim. (pca/p)

Komentar

News Feed