oleh

Alat Komunikasi Yang Hilang Di Telan Zaman

-Tekno-210 views
Yang kita ketahui seiring zaman alat komunikasi di dunia berkembang sangat pesat,dan alat alat komunikasi zaman dahulu seperti telegraph, kini mulai di tinggalkan atau bahkan sudah punah, alat apa saja itu yang kini mulai di tinggalkan, yuk simak 5 alat komunikasi yang mulai di tinggalkan bahlan punah ini.

1.Telegram

Telegram/Telegraf/ Telegraph adalah sebuah alat yang membuat kombinasi kode morse menjadi sebuah transmisi data agar bisa di kirim menjadi sebuah pesan dengan jarak yang jauh, Telegram ini sendiri sering di sebut sebagai surat kawat, Telegram sendiri di ciptakan oleh Samuel Thomas von Sommering pada tahun 1809. Dan setelah itu telegram digantikan oleh telegraf elektrik pertama yang di buat oleh Baron Schilling pada tahun 1832 dan di patenkan pada tahun 1839 di inggris.

Saat ini telegram sendiri sudah di tinggalkan karena perkembangan alat komunikasi sendiri yang sangat pesat, posisi telegram di gantikan oleh mesin faximili atau mesin fax dan juga karena sekarang seperti kita tahu sendiri, saat ini adalah zaman dimana handphone android nomer satu, telegram sendiri juga sudah berganti menjadi aplikasi yang lebih udah di gunakan.

Telegram
Telegram

2.Bis Surat

Bis surat atau dalam bahasa belandanya Brievenbus atau yang biasa kita sebut sebagai kotak surat/pos adalah sebuah alat komunikasi jarak jauh yang mengunakan surat sebagai media komunikasinya dengan cara surat di berikan tulisan yang di masukan kedalam amplop dan juga perangko serta alamat yang di tuju di atas amplop tersebut. Setelah itu surat di masukan kedalam bis surat, lalu kita hanya tinggal menunggu petugas pos untuk menggambil surat kita kemudian  ia mengirimkan surat kita kepada yang di tuju.

Bis surat sendiri sering dan mudah di jumpai di pinggir jalan atau di depan kantor pos, namun sayang karena zaman yang makin maju dan kemudahan kemudahan yang di tawarkan seperti surat elektronik atau sms, makan alat ini sendiri saat ini di tinggalkan

Bis Surat
Bis Surat

3.Merpati

Merpati atau yang sering kita sebut sebagai burung dara adalah sejenis ungas yang dapat terbang, berbeda dengan merpati/ burung dara pada umumnya, merpati ini disebut juga merpati pos. Merpati pos memiliki keunggulan di banding yang lain, mereka mempunyai daya ingat, navigasi, dan naluri alami untuk kembali ke tempat mereka(sarang mereka) walaupun mereka pergi jauh yang sangat kuat sehingga kecil kemungkinan mereka akan tersesat dan surat tidak sampai/ nyasar. Yang menjadikan mereka berbeda dari merpati lain adalah perlakuan atau perawataan berbeda yang di berikan, mulai dari latihan hingga makanan yang di berikan.

Burung merpati sendiri sudah di gunakan dari zaman sebelum masehi atau pada zaman romawi bahkan raja raja mesir dan sebagainya. Namun untuk saat ini merpati pos sudah mulai jarang di gunakan karena kembali lagi kepada kemudahan yang di berikan seperto surat elektronik.

Merpati
Merpati pos

 4.Radio

Seperti yang kita ketahui, radio adalah salah satu alat komunikasi yang biasanya di gunakan oleh instansi instansi tertentu atau juga sebuah media untuk menyiarkna berita dan sebagainya, radio juga di gunakan oleh unit keselamatan yang biasaya kita lihat seperti tim sar,  radio sendiri mengunakan spektrum frekuensi sebagai media penyalurnya.

Sampai saat ini, radio masih di gunakan oleh beberapa media, namun untuk beberapa element atau pribadi sudah di tinggalkan, karena seperti yang di ketahui, untuk harganya juga cukup mahal.

Radio
Radio

5.Mesin fax

Faksimile atau dalam bahasa latin yaitu fac similie yang artinya adalah copy atau membuat salinan yang sama. Faksimilie di indonesiasering atau biasa di kenal sebagai mesin fax bekerja dengan cara si pengirim dokumen memasukan dokumen yang ingin di kirim ke bagian feeder mesin fak tersebut, lalu menekan tombol nomer mesin fak tujuan.

Mesin fak sendiri saat ini jarang di gunakan oleh individualis karena harganya sendiri yang mahal, para penguna fak saat ini yang bisa kita ketahui adalah instansi-instansi atau kantor-kantor saja.

Mesin Fax
Mesin Fax

Nah demikian beberapa alat komunikasi yang sudah di tinggalkan karena di gantikan oleh alat yang lebih praktis dan mudah lainnya, namun ada pula beberapa elemen yang masih menggunakan beberapa alat di atas, semua kembali kepada kenyamanan penggunanya.(vebma)

Komentar

News Feed