oleh

RA MDTA Baiturohim Desa Mekarjati Kecamatan Haurgeulis Peringati Hari Kartini

Min.co.id, Indramayu – Hari Kartini adalah hari di mana orang-orang memperingati seorang tokoh sentral bagi para kaum wanita Indonesia yang telah memperjuangkan emansipasi wanita, sekaligus sebagai pelopor kebangkitan kaum wanita.

Wanita yang memiliki nama lengkap Raden Ajeng Kartini dinobatkan sebagai Pahlawan Nasional oleh Presiden pertama Ir. Soekarno yang tertera pada Keputusan Presiden No. 108 Tahun 1964, sekaligus menetapkan hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April, yang mana tanggal 21 April merupakan tanggal kelahiran R.A. Kartini. Untuk mengenang jasa-jasanya, rakyat Indonesia memperingati tanggal 21 April dengan sebutan Hari Kartini.

81 Siswa/siswi RA MDTA BAITUROHIM desa Mekarjati Kecamatan Haurgeulis Kabupaten Indramayu, mengikuti lomba Fashion Show, Sabtu (20/4/2019).

Untuk menyambut Hari Kartini, 81 siswa RA MDTA BAITUROHIM desa Mekarjati di Kecamatan Haurgeulis  melakukan kegiatan lomba kreatif Fashion Show Kartini. Kegiatan ini diselenggarakan pada hari Sabtu tanggal 20 April 2019. Tujuannya hanya satu, yakni para Siswa dilatih untuk menghargai jasa para pahlawan, terutama Raden Ajeng Kartini sebagai pahlawan emansipasi wanita.

Kepala sekolah RA MDTA BAITUROHIM Ipah Saripah, SPd Mengatakan kami ingin menumbuhkan semangat anak-anak, dengan mengingat jasa-jasa pahlawan kita yang terdahulu salah satunya adalah RA Kartini.

Lanjut Ipah, dengan jumlah guru honorer (7) orang dan murid (81) siswa dan siswi dirinya bisa berharap bisa mengedepankan pendidikan yang lebih baik. Kali ini  dalam rangka memperingati Hari Kartini mengajak Siswa/siswi juga orang tua murid, dengan menggunakan baju adat daerah harapannya untuk mengingat bahwa dengan menggunakan baju adat daerah bisa mengingatkan kan kita kepada RA kartini.

Dalam menyambut Hari Kartini kali ini ada yang berbeda, dengan tema Lomba Fashion Show yang diikuti oleh Siswa/siswi dan orang tua murid. Tujuannya supaya anak-anak bisa melatih diri untuk berkepribadian yang lebih baik dan orang tua juga bisa menjadi pendamping anak-anaknya demi menuju pendidikan yang lebih baik terangnya.

Bagi RA MDTA BAITUROHIM desa Mekarjati Kecamatan Haurgeulis  mereka punya cara tersendiri untuk menyambut hari Kartini, anak-anak di RA MDTA BAITUROHIM mengadakan lomba Fashion Show, seperti yang dikatakan oleh orang tua murid, Carmi (39 tahun) dirinya sangat senang dengan diadakannya lomba Fashion Show yang diadakan oleh RA MDTA BAITUROHIM dalam rangka memperingati Hari Kartini. Harapannya semoga untuk kedepannya kegiatan-kegiatan bisa lebih banyak lagi supaya anak-anak lebih paham dan mengerti.

Bukan hanya itu para anak-anak RA MDTA BAITUROHIM bersama Ibunya berbondong-bondong datang ke lokasi acara dengan memakai baju adat dari bebagai daerah. Para anak juga menampilkan kesenian dan kegiatan bergaya dan berlenggak-lenggok di atas Panggung bersama orang tuanya. Fashion Show menggunakan baju tradisional Adat Jawa. (Alen)

Komentar

News Feed