oleh

Hadapi Arus Balik Gunakan Tiga Skenario Lalu Lintas

-News-395 views

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi mengatakan akan memberlakukan tiga skenario menghadapi peningkatan volume kendaraan saat arus balik di ruas Tol Cipali.

Tiga skenario tersebut merupakan contra flow, one way, dan pembatasan kendaraan masuk di pintu Tol Pejagan-Kanci. Skenario sudah dibahas dengan Kapolda Jawa Barat Irjen Agung Budi dan Kakorlantas Irjen Royke Lumowa.

“Nanti ada skenario untuk contra flow. Kalau contra flow juga belum ngangkat, ada skenario lagi untuk one way dari Palimanan sampai ke Cikampek. Kemudian ada rencana pembatasan jadi nanti di pintu Tolnya Pejagan mau kita tutup kemudian Kanci kita tutup,” jelas Budi di Posko Mudik Lebaran, Kementerian Perhubungan, Jakarta, Minggu 17 Juni 2018.

Budi menuturkan kendaraan dari arah Purwokerto, Aji Barang, dan Bumi Ayu, yang akan masuk ke Tol Pejagan dan Kanci dialihkan melewati jalan arteri kemudian kembali masuk Tol Ciperna.

“Kalau tidak, biasanya orang kalau sudah keluar tol malas dia (masuk lagi). Dia lewat Pantura saja,” ucap dia.

persiapan arus balik juga dilakukan pada rest area. Rest area akan ditambah sesuai arahan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Ditjen Perhubungan bakal menambah tujuh rest area.

“Tambahannya itu di kota 12 Batang, Pekalongan, Tegal, Brebes kita katakan sebagai rest area karena yang dari tol fungsional itu nanti kita harapkan bisa keluar ke kota-kota itu sehingga orang bisa istirahat beli oleh-oleh juga. Nanti begitu selesai masuk lagi setelah dia sudah istirahat,” beber dia.(mtvn)

Komentar

News Feed