oleh

Kadisidik Purwakarta Spirit Pendidikan Dalam Menjaga dan Merawat Bumi

Min.co.id-Purwakarta-Menjaga lingkungan adalah menjaga napas untuk anak cucu generasi mendatang, napas panjang ini akan terhenti apabila generasi hari ini sama saja menjadi generasi yang merusak ekologis.

Melalui sistem pendidikan yang bersifat terbuka atau istilahnya merdeka belajar, dapat diterapkan kurikulum dan program yang berbasis lingkungan.

“Melalui pendidikan, dapat diambil satu tarikan napas yang panjang untuk memperpanjang umur bumi dan kita bisa memperlihatkan kepada anak cucu kita kelak tentang udara bersih, flora, fauna, budaya dan seluruh aspek ekosistem yang ada,” ujar Kadisdik Purwakarta, Purwanto pada Workshop Sekolah Sehat, di Sekolah Kahuripan, Ciseureuh, Purwakarta, Kamis (16/1).

Menurutnya, pendidikan sebagai sebuah sistem memiliki dua dimensi, yaitu dimensi entitas dan dimensi metode.

Dalam makna entitas, pendidikan memiliki beberapa komponen yang saling berkait satu sama lain, saling bergantung secara komprehensif untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.

“Komponen – komponen tersebut adalah filosofi dan tujuan, kurikulum dan sistem pembelajaran, motode dan alat, peserta didik, pendidik, organisasi atau lembaga, serta lingkungan pendidikan,” tuturnya. (Reg/At)

Komentar

News Feed