Koleksi Lukisan Bung Karno Banyak Karya Basuki Abdullah

Tak Berkategori

Min.co.id,Jakarta – Generasi muda Indonesia dinilai penting untuk menghidupkan kembali rasa keaslian dan kemurnian karakter asli bangsa yang tergambarkan dari lukisan-lukisan karya pelukis terdahulu. Salah satunya pelukis legendaris Basuki Abdullah yang banyak melahirkan karya fenomenal sejak sebelum kemerdekaan hingga kemerdekaan.

Ketua Umum Megawati Soekarnoputri mengatakan, Bung Karno banyak mengumpulkan lukisan karya Basuki Abdullah. Menurutnya lukisan adalah seni dan hasil dari berpikir yang luar biasa.

“Kita lihat ada yang terkumpul sejak sebelum merdeka. Terbagi dari tahun ke tahun. Bung Karno suka mengumpulkan pelukis dan berdiskusi. Punya keakraban dengan seniman-seniman,” ujar Megawati ketika menyaksikan pameran lukisan koleksi Istana Kepresidenan berjudul Senandung Ibu Pertiwi di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta, Kamis (10/8/2017).

Dia mengungkapkan, banyak lukisan yang dikarya sejak sebelum merdeka. Dia menceritakan sejak kecil sudah tinggal di Istana sehingga sangat mengenal dan akrab dengan lukisan-lukisan yang dipamerkan.

“Saya memang menghabiskan masa kecil di Istana. Jadi tahu persis, pelukis-pelukis seperti Basuki Abdullah. Saya panggilnya Om Bas itu saya kenal,” ucapnya.

Menurutnya apa yang digambarkan pelukis adalah yang sangat lekat dan sesuai dengan karakter asli dari objek lukisan. Misalnya, kata dia lukisan wanita desa yang sangat sesuai dengan penampilan maupun karakter asli wanita Indonesia.

“Kalau dulu gambar wanita sesuai dengan sosoknya. Kalau sekarang terlalu dipoles. Aslinya biasa saja tapi gambarnya terlalu cantik,” tandasnya.

sumber:viva

Komentar