oleh

Penampilan Ogoh-Ogoh dan Replika Ramaikan Karnaval Gunung Jati

Min.co.id-Cirebon-Pesta karnaval tradisi sedekah bumi dan sedekah laut (Nadran) tahun 2019 di Desa Astana Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon, kegiatan tersebut dihadiri sekitar 10.000 orang, dari wilayah kecamatan gunungjati dan kecamatan suranenggala. Sabtu (14/09/2019).

Kegiatan seni budaya pesta karnaval tradisi sedekah bumi dan sedekah laut (Nadran) di Desa Astana Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon terlebih dahulu dilaksanakan kegiatan Tradisi Nadran (Pesta Laut) dan Do’a bersama di Pancer Jati sungai Condong dan Do’a syukuran sedekah bumi yang bertempat di Alun – alun Paseban Sunan Gunung Jati.

Kemudian Peserta Karnaval yang membawa ogoh – ogoh / Replika dari berbagai berbentuk terlebih dahulu berkumpul di alun – alun Desa Astana Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon yang selanjutnya kegiatan pesta karnaval tradisi sedekah bumi dan sedekah laut dilepas langsung oleh Drs. H. HARTONO, MM (Kadisbudparpora Kab. Cirebon) dan didampingi oleh para Sultan Keraton di Cirebon, Kapolres Cirebon Kota Roland Ronaldy, SH, SIK, M.Pict, M.Iss serta unsur Muspida Kabupaten Cirebon dan Muspika Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon.

Adapun Route yang dilewati oleh para peserta pesta kegiatan Seni Budaya Pesta Karnaval Tradisi Sedekah Bumi dan Sedekah Laut (Nadran) di Desa Astana Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon yaitu START dimulai dari alun-alun Astana Gunung Jati – Jl. Jatimerta – Jl. Kelayan – Jl. Pasindangan dan memutar arah di bundaran Jl. Krucuk Kota Cirebon dan FINISH di Alun – alun Astana Gunung Jati Kab. Cirebon.

Setelah iring-iringan ogoh-ogoh / Replika dari berbagai bentuk tiba digaris finish, para peserta Karnaval Tradisi Sedekah Bumi dan Sedekah Laut Tahun 2019, warga masyarakat Wilayah Kec. Gunung Jati Kab. Cirebon membubarkan diri dengan tertib. Dan kegiatan dilanjutkan dengan acara Pagelaran wayang kulit, pagelaran organ tunggal bertempat di Parkiran Bus area Makam Sunan Gunung Jati Desa Astana Kab. Cirebon.(red)

Komentar

News Feed