oleh

Bumdes CIUM Desa Cipaat, Masuk Penilaian 3 Besar Tingkat Kabupaten

-News-100 views

Min.co.id-Indramayu-Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Desa Cipaat Usaha Mandiri (CIUM), Desa Cipaat, Kecamatan Bongas masuk dalam 3 besar tingkat Kabupaten Indramayu, Bumdes (CIUM) Cipaat Usaha Mandiri yang mewakili Kecamatan Bongas ini dalam ajang lomba Bumdes berprestasi yang di laksanakan tingkat Kabupaten Indramayu yang pertama kalinya pada tahun 2019 Kamis (15/09/2019)

Hadir dalam acara tersebut, Tim penilai dari Kabupaten Indramayu Kabid Kelembagaan dan Pemberdayaan Ibu Atin Anifah, Camat Bongas Iing Kuswara, Kuwu Desa Cipaat Kusnadi SE, BPD Desa Cipaat dan Ketua Bumdes CIUM Banuji, beserta Anggota BUMdes Cipaat Indah Mandiri.

Tim Penilai Kabupaten Indramayu Kepala DPMD yang diwakili oleh Kepala Bidang Kelembagaan dan Pemberdayaan Atin Anifah mengatakan bahwa keikutsertaan BUMDes CIUM tahun ini lebih meningkat di Desa Cipaat Kecamatan Bongas, ini merupakan kunjungan pertama semua BUMDes terbaik di masing-masing Kecamatan.

Menurutnya, Dalam penilaian lomba BUMDes, lanjutnya, ada 10 indikator, masing-masing perolehan nilai akan dijumlahkan menjadi skor akhir. Indikator penilaian itu di antaranya soal dokumen pendirian BUMDes, jumlah unit usaha, struktur organisasi, penyertaan modal, kontribusi, mitra BUMDes dan lainnya.

“Kita akan cek berapa omset apakah sudah sesuai di pembukuan atau tidak. Kita akan lihat dari bulan ke bulan, tahun ke tahun apa masih sama atau ada peningkatan,” ujarnya.

Ditempat yang sama Ketua BUMDes Cipaat Usaha Mandiri (CIUM), Banuji  mengungkapkan, BUMDes yang berdiri tahun 2016 memperoleh dana penguatan dan penyertaan modal dari pemerintah desa untuk, unit usaha air bersih hidran air minum, ada 12 Titik yang tersebar di Desa Cipaat, salah satunya di blok Gribig Desa Cipaat yang paling banyak sekitar 60 warga yang menggunakan fasilitas air dari BUMdes (CIUM) Cipaat Indah Mandiri.

Lanjut Banuji, mengharapkan BUMDes tersebut menjadi motor penggerak perekonomian masyarakat Desa Cipaat dan menjadi contoh untuk BUMDes lainnya.

“Untuk mewujudkan hal Ini tentu membutuhkan kontribusi pemikiran yang serius untuk memikirkan potensi unit usaha dan mencari solusi atas kendala usaha,”Ujarnya.

Banuji  menjelaskan, BUMDes (CIUM) Cipaat Usaha Mandiri didorong untuk terus berkreasi dan melakukan inovasi untuk membina dan membantu masyarakat khususnya yang berekonomi lemah. BUMDes diharapkan dapat mewujudkan mimpi masyarakat yakni menuju kesejahteraan dan kemakmuran desa.

“Saya harap ini tidak hanya dikenang hari ini tapi sepanjang masa. Kedepan bisa menjadi salah satu BUMDes terbaik tingkat Kabupaten, Bahkan Propinsi” katanya. (alen)

Komentar

News Feed