oleh

Kota Cirebon Akan Segera Menjadi Smart City

-Tak Berkategori-472 views

min.co.id/Cirebon – Kota Cirebon telah lama dikenal sebagai kota jasa dan perdagangan. Kota di pesisir pantura Jabar itu pun berkembang pesat seiring dengan meningkatnya pembangunan di berbagai bidang. Tak cukup hanya di situ, kini Kota Cirebon juga akan segera menjadi Smart City atau kota pintar.

Hal itu sebagaimana tertuang dalam Surat Keputusan Kemenkominfo RI Nomor 265.KOMINFO/DJAI/AI.01.05/05/2017 tanggal 5 Mei 2017 tentang Penyampaian Hasil Seleksi Assesment Gerakan Menuju 100 Smart City.

Dalam surat tersebut, Kota Cirebon menjadi salah satu dari 25 kota/kabupaten yang lulus seleksi menjadi peserta Gerakan Menuju 100 Smart City. Smart City adalah konsep tata kelola kota yang disusun secara cerdas untuk menyelesaikan setiap persoalan atau masalah yang dihadapi masyarakat.

Hal tersebut dilakukan melalui pengelolaan sumberdaya dan komunitas yang ada, yang diwujudkan dalam strategi penyelesaian masalah, pelayanan publik dan penciptaan situasi dan kondisi kota yang sejahtera dan nyaman.

“Elemen-elemen Smart City terdiri dari smart governance, smart branding, smart economy, smart living, smart society dan smart environment,” ujar Kepala Dinas Komunikasi,

Komentar