oleh

Kemendikbud RI Berikan Perhargaan Kepada Muhammad Shabiq Husnie

-News-6 views

Min.co.id-Garut-Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan(Kemendikbud) RI memberikan penghargaan kepada Muhammad Shabiq Husnie, Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) I Selaawi kabupaten Garut, berupa Anugerah Maestro Seni Tradisi Dalang Wayang Golek Cilik kategori Anak dan Remaja.

Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Prof. Dr. Muhadjir Effendi dalam acara Penyerahan Anugerah Kebudayaan dan Penghargaan Maestro Seni Tradisi 2019 di Istora Senayan, Jalan Pintu Satu Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (10/10/2019) malam.

Acara tersebut merupakan rangkaian dari acara Pekan Kebudayaan Nasional 2019 diberikan kepada 59 orang penerima dalam 8 katagori. Yaitu katagori Gelar Tanda Kehormatan dari Presiden RI diberikan kepada 13 orang, yang terdiri dari Bintang Mahaputera diberikan pada 2 orang, Bintang Budaya Parama Dharma 2 orang, dan Satyalancana Kebudayaan 8 orang.

Selain itu juga diberikan penghargaan bagi Pencipta dan Pelopor untuk 10 orang, Pelestari (10 orang), Anak dan Remaja (5 orang), Maestro Seni Tradisi (5 orang), Pemerintah Daerah (5 orang), Komunitas, (7 orang), dan untuk katagori Perorangan Asing sebanyak 4 orang. Dari 59 orang penerima Anugerah Kebudayaan dan Penghargaan Maestro Seni Tradisi 2019, Eka Kurniawan yang merupakan sastrawan untuk katagori Pelopor Pencipta Pembaharu, menolak untuk menerima penghargaan.

Adapun dari Jawa Barat yang menerima penghargaan adalah, Memed Cakra Gumelar, dalang wayang golek dari Sukabumi untuk kategori Pelestari, Sujana Priya, seniman tari dan pengraji topeng Cirebon untuk kategori Pelestari. Sementara Warsad Darya dalang wayang cepak indramayu kategori Maestro Seni Tradisi, dan Muhammad Shabiq Husnie, dalang wayang golek cilik dari Garut untuk kategori Anak dan Remaja. Juga turut diberikan penghargaan Kampung Adat Kasepuhan Ciptagelar Banten Kidul untuk kategori Komunitas.

Para penerima anugerah selain mendapatkan piagam penghargaan dan trofi, juga mendapatkan hadiah uang senilai Rp 50 juta, pin emas 10 gram.

Camat Selaawi Garut, Ridwan Effendi, mengaku bangga atas penghargaan yang diraih Muhammad Shabiq Husnie sebab masih remaja sudah memperoleh anugrah budaya 2019 yang sangat membanggakan, umumnya Kabupaten Garut, khususnya Kecamatan Selaawi.

“Sangat membanggakan, masih remaja sudah membanggakan Garut khususnya Kecamatan Selaawi,” kata Ridwan, saat ditemui di kantor Kecamatan Selaawi, Jumat (11/10/2019).

Ridwan berharap semoga menjadi tambahan spirit dan motivasi dalam berkarya, berprestasi dan berbudaya bagi Ananda Shabiq khususnya, serta bagi para putra putri pelajar lainnya di Kecamatan Selaawi, Garut, Jawa Barat,” pungkasnya.

Sumber: Humas Diskominfo Garut

Komentar

News Feed