oleh

F-PRB Indramayu Lakukan Penanaman Rumput Vetiver, Upaya Penangan Tanggul Kritis

-News-24 views

Min.co.id-Indramayu-Forum Peringatan Reaksi Bencana (F-PRB) Kabupaten Indramayu bersama BPBD Indramayu melakukan upaya dalam penangan tanggul kritis di sepanjang DAS Cimanuk, salah satunya dengan melakukan penanaman rumput vetiver. Penanaman dipusatkan di Tanggul DAS Cimanuk Blok Gandok Desa Panyindangan Kulon Kecamatan Sindang, Rabu (12/02/2020).

Ketua F-PRB Indramayu M. Alam Sukmajaya, ST., MM kepada wartawan Min.co.id mengatakan bahwa kegiatan penanaman rumput vetiver bagian dari upaya pemerintah untuk mencegah erosi DAS Cimanuk yang sudah semakin mengkhawatirkan, FPRB dimana bagian dari mitra pemerintah tentu akan selalu bersama-sama dan mensupport kegiatan karena ini juga bagian dari mitigasi sesuai tupoksi FPRB. Ujar Alam Sukamajaya.

Sementara Itu Kepala BPBD Kabupaten Indramayu Edi Kusdiana menjelaskan penanaman rumput vetiver merupakan langkah tepat untuk mengurangi tanah longsor yang diakibatkan oleh erosi.

Rumput vetiver dapat menahan tanah longsor dikarenkana memiliki akar yang cukup kuat dengan panjang akar yang bisa mencapai 3-5 meter ke dalam tanah. Dengan kedalaman akar tersebut, rumput itu tidak akan bisa dicabut oleh satu orang.

Pencanangan penanaman rumput vetiver ini secara nasional sudah dilakukan oleh Pa Presiden beberapa waktu lalu. Untuk Indramayu kita canangkan di DAS Cimanuk, karena rumput vetiver ini sangat bagus untuk mengurangi lonsoran karena erosi, (N.Tarigan)

Komentar

News Feed